0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • 5 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi, Mampu Mencegah Rewel

    May 29, 2024 3 min read

    Hidung tersumbat dan pilek adalah kondisi yang sering terjadi pada bayi. Hal tersebut karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna seperti orang dewasa. Namun tenang saja, berikut Mintly bagikan cara mengatasi pilek pada bayi!


    Selain orang dewasa, bayi juga rentan pilek, Mam! Hal tersebut disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna sekaligus faktor lingkungan yang kurang sehat. Pilek yang tidak segera diatasi menyebabkan si kecil rewel, tidak nafsu makan, dan sulit tidur. Makanya, tak sedikit orang tua melakukan berbagai cara untuk mengatasi pilek pada bayi. 

    Mayo Clinic menyebutkan, dalam 1 tahun pertama kehidupan bayi, mereka dapat mengalami pilek 6-8 kali. Kondisi tersebut disebabkan oleh paparan virus, seperti Rhinovirus yang menyerang kekebalan tubuh si kecil. Virus tersebut dapat menular ke bayi melalui udara, kontak langsung dengan penderita, atau permukaan benda yang terkontaminasi. Makanya, kita harus berhati-hati kalau anggota keluarga ada yang mengalami batuk pilek (bapi)l.

    Pilek atau batuk pada bayi memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bapil yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, diantaranya adalah infeksi telinga akut, mengi, sinusitis akut, hingga pneumonia. Mengingat efek samping tersebut, Mama perlu mengatasi pilek pada bayi sesegera mungkin. 

    Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

     

    Mengatasi Pilek pada Bayi

    Seperti yang sudah Mintly jelaskan sebelumnya, sistem kekebalan tubuh si kecil lebih lemah daripada orang dewasa. Meskipun Mama telah menghindari kontak si kecil dengan penderita, terkadang flu lebih mudah menyerang bayi di bawah 2 tahun. Namun tenang saja, berikut ini beberapa cara mengatasi pilek pada bayi. 

     

    • Menggunakan Humidifier

    Tak bosan-bosan Mintly sarankan penggunaan humidifier untuk menjaga kelembapan udara di rumah. Uap dari humidifier dapat melembapkan saluran pernapasan si kecil, hingga membantu melegakan hidung yang tersumbat. Makanya, Mama dapat menggunakan humidifier selama 10-15 menit di dalam ruangan, ya!

     

    • Memandikan dengan Air Hangat

    Cara mengatasi bayi pilek berikutnya adalah menggunakan air hangat. Uap dari air hangat dapat melegakan tenggorokan sekaligus mengencerkan lendir yang tersumbat. Setelah mandi, Mama dapat memberikan pijatan pada tulang pipi, dahi, dan hidung si kecil. Jadi, hidung dan tenggorokan si kecil lebih nyaman, deh!

     

    • Menepuk Punggung Pelan-pelan

    Pada umumnya, hidung si kecil mudah tersumbat dalam posisi telentang. Tidak ada salahnya, Mama menggendong si kecil dalam posisi tegak untuk melancarkan aliran lendir yang tersumbat. Selain itu, Mama dapat menepuk punggung si kecil pelan-pelan dalam keadaan tengkurap. Percaya atau tidak, cara ini dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

     

    • Memberikan ASI pada Bayi

    Tak kalah penting, cara mengatasi pilek pada bayi berikutnya adalah mencukupi asupan cairan si kecil, seperti memberikan ASI atau susu formula. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dapat melegakan tenggorokan kering si kecil. Selain itu, Healthline mengatakan jika ASI mengandung antibodi yang dapat melindungi si kecil dari infeksi. 

     

    • Membersihkan Hidung

    Mama sudah pernah membersihkan hidung bayi dengan cairan nasal? Dikutip dari laman Parents, cairan yang mengandung garam ini dapat mengencerkan lendir hidung secara manual. Makanya, Mama dapat memasukan cairan ini ke dalam lubang hidung si kecil, nantinya lendir akan keluar secara langsung. Namun pastikan, Mama memposisikan si kecil dengan tepat, ya!

     

    Gently Calming Baby Cream untuk Meredakan Pilek

    Sekarang tak perlu khawatir lagi kalau si kecil tiba-tiba pilek dan hidung tersumbat, karena Mama dapat mempercayakan Gently Calming Baby Cream. Produk calming cream no.1 yang terjual di Shopee ini mengandung peppermint, lavender, dan aloevera yang dapat melegakan tenggorokan karena batuk sekaligus hidung yang tersumbat.

    Mama dapat menggunakan Gently Calming Baby Cream pada saat memijat si kecil, misal di area perut, dada, pipi, atau hidung. Tak perlu takut kulit si kecil infeksi atau kemerah-merahan, produk dari Gently ini sangat lembut dan aman untuk kulit sensitif si kecil, Mam. Jadi, pernapasan si kecil lebih lega pilek pun semakin mereda! 


    Daripada berlama-lama, langsung dapatkan Gently Calming Baby Cream di sini!

     

     

    Sumber:

    https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/how-to-give-nasal-drops/

    https://www.healthline.com/health/childrens-health/colds-in-newborns#takeaway

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/symptoms-causes/syc-20351651

    https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/colds-0-12-months/