0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Bayi Tumbuh Gigi Bikin Panik? Ini Penjelasannya untuk Mama

    July 01, 2024 3 min read

    Bayi tiba-tiba rewel sering dikaitkan dengan proses tumbuh gigi. Lantaran pada saat tumbuh gigi, bayi jadi tidak nafsu makan, mudah marah, dan rewel atau kolik. Benarkah demikian? 

    Setiap bayi pasti mengalami fase tumbuh gigi atau yang dalam dunia medis dikenal dengan teething syndrom. Wajar kalau pada fase ini si kecil lebih mudah rewel karena adanya rasa tidak nyaman di gusi yang tidak bisa dia ungkapkan sendiri. 

    Pertanyaannya, kapan bayi mulai tumbuh gigi? Dilansir dari laman NHS, si kecil mulai tumbuh gigi kira-kira pada usia 4-6 bulan, tapi ada juga bayi yang giginya baru tumbuh di usia 12 bulan. 

    Supaya Mama tidak panik lagi ketika si kecil tumbuh gigi, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

     

    Tanda Bayi Tumbuh Gigi

    Seperti yang sudah Mintly singgung sebelumnya, teething syndrome artinya proses pertumbuhan gigi pertama si kecil. Biasanya, si kecil akan mengalami beberapa gejala selama 8 hari ketika gejala gigi susu muncul. Apakah tumbuh gigi selalu sakit? Sebenarnya tidak, Mam. Tapi sebagian besar bayi mengalami beberapa tanda ini.

     

    Rewel

    Salah satu kondisi yang paling sering terjadi saat bayi tumbuh gigi adalah rewel berlebihan atau kolik. Bagi Mama yang belum tahu kolik, Mama dapat menemukan penjelasannya di artikel "Mama Wajib Tahu, Apa itu Kolik pada Bayi!

     

    Mengeluarkan Air Liur

    Tanda bayi tumbuh gigi juga terlihat dari banyaknya air liur atau ngeces. Itulah mengapa, Mama perlu menyiapkan tisu steril atau kain lembut untuk mengelap air liur di wajah bayi. Selain itu, Mama juga dapat menggunakan kain celemek yang lebih cepat menyerap.


    Ingin Menggigit

    Mama pernah melihat si kecil menggigit benda di sekitarnya? Ketika gigi si kecil baru tumbuh, tekanan di gusinya sangat mengganggu. Itulah mengapa si kecil sering menggigit benda untuk meredakan rasa nyeri.

     

    Tidak Mau Makan

    Siapa sangka, tumbuh gigi juga ditandai dengan berkurangnya nafsu makan. Dikutip dari laman NCT, gusi membengkak dan rasa tidak enak badan menyebabkan si kecil kehilangan nafsu makan. Makanya, kalau si kecil mengalami kondisi ini, Mama perlu curiga, ya!

     

    Panas Tinggi

    Selain tidak nafsu makan, tumbuh gigi juga ditandai dengan demam sampai 38 derajat celcius ke atas. Demam pada bayi ini termasuk hal normal dan biasa terjadi selama 2 hari.

     

    Tips saat Bayi Tumbuh Gigi

    Apa yang perlu Mama lakukan saat tumbuh gigi? Tenang saja, Mama dapat melakukan beberapa hal ini untuk meredakan rasa tidak nyaman si kecil. 

     

    Memberikan Mainan

    Ketika menemukan gejala tumbuh gigi, Mama dapat langsung memberikan teething toys. Dilansir dari laman WebMD, mainan karet khusus penumbuh gigi dapat meredakan nyeri gusi. Namun pastikan, toy teether tidak bocor atau terlalu keras, karena hal ini bisa melukai si kecil. 

     

    Menggosok Gusi

    Cara meredakan nyeri tumbuh gigi berikutnya dengan menggosok gusi. Mama dapat menggunakan kain bersih dan menggosok secara lembut untuk meredakan rasa nyeri. Kalau si kecil menolak, Mama dapat menghentikannya saja karena bisa menyebabkan si kecil semakin rewel.

     

    Minuman Dingin

    Jarang diketahui banyak orang, memberikan minuman dingin juga dapat meredakan gejala gigi tumbuh pada bayi. Mama dapat memberikan yogurt dingin untuk meredakan rasa nyeri dan gatal di gusi. 


    Memberikan Paracetamol

    Apabila demam bayi tak kunjung reda, Mama dapat memberikan paracetamol atau ibuprofen sesuai dosis dan resep dokter. Obat ini dapat meredakan gejala tumbuh gigi pada anak usia 3 bulan atau lebih. 

     

    Gently untuk Menemani Tumbuh Kembang Anak 

    Tidak perlu cemas berlebih kalau si kecil tumbuh gigi. Justru, tumbuh gigi menandakan tumbuh kembang si kecil normal atau sesuai usianya. Kuncinya, Mama tetap tenang dan memberikan perawatan yang terbaik untuk si kecil. Termasuk, memberikan produk perawatan yang dapat menghangatkan sekaligus menenangkan kulit si kecil.

    Mintly rekomendasikan produk perawatan bayi seperti Gently. Rangkaian produk dari Gently memiliki formula lembut dan didominasi oleh bahan alami yang berkualitas premium, serta sudah teruji secara klinis. Pemakaian Gently secara rutin dapat menghindari si kecil dari kulit kering, ruam, dan iritasi. Ketika si kecil demam, Genlty dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh si kecil. 


    Demi kebahagian si kecil, ketahui dan dapatkan produk Gently di sini! 

     

     

    Sumber:

    https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/teething/baby-teething-symptoms/

    https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies

    https://www.nct.org.uk/baby-toddler/teething/feeding-and-teething-how-help-them-pain#:~:text=Just%20like%20us%20adults%20can,lose%20their%20appetite%20when%20teething.