0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi? Ini Penjelasannya!

    July 01, 2024 3 min read

    Siapa yang mempertanyakan umur berapa bayi tumbuh gigi? Sebenarnya pertumbuhan gigi sudah dimulai sejak usia kehamilan sampai si kecil lahir. Selengkapnya, silahkan simak di artikel ini, Mam!


    Si kecil sudah tumbuh gigi belum, Mam? Pada umumnya, gigi si kecil muncul di permukaan pada usia 6 bulan yang ditandai dengan beberapa gejala, entah bayi tiba-tiba demam, kolik, atau tidak nafsu makan. Padahal sebenarnya, bayi sudah tumbuh gigi sejak di dalam kandungan, lo!

    Dilansir dari laman BabyCenter, pada usia kehamilan 8 minggu, gusi bayi mulai terbentuk. Pada usia 3-4 bulan, tumbuh jaringan keras yang mengelilingi gigi. Pada trimester ketiga, tunas gigi akan menghasilkan email dan dentin untuk melindungi gigi dari kerusakan. Nah, setelah si kecil lahir dan berusia 6 bulan, gigi tersebut baru muncul di permukaan.

    Supaya lebih jelas, simak penjelasan tentang jenis gigi dan umur berapa bayi tumbuh gigi, yuk!


    Jenis Gigi pada Anak

    Mama sudah tahu belum jenis-jenis gigi pada bayi dan anak-anak? Sebelum mengetahui tahapan umur gigi, berikut ini jenis gigi yang perlu Mama ketahui.

    • Gigi Seri: Bagian gigi depan yang berada di rahang bawah dan atas. Gigi yang tumbuh dalam waktu berdekatan ini fungsinya untuk menggigit makanan.
    • Gigi Taring: Gigi lancip yang mengapit gigi seri di rahang bawah dan atas.
    • Gigi Geraham Depan: Jenis gigi ini ada di fungsinya untuk menghaluskan dan menghancurkan makanan.
    • Gigi Geraham Belakang: Jenis gigi ini ukurannya lebih besar dan fungsinya untuk menghaluskan makanan.

    Tahapan Umur Gigi 

    Seperti yang sudah Mintly jelaskan sebelumnya, gigi bayi sebenarnya sudah mulai terbentuk sejak di dalam rahim. Namun, gigi baru muncul setelah dia dilahirkan dan menginjak usia 6 bulan. Berikut ini penjelasannya.

     

    Usia 6-10 Bulan

    Tidak usah bingung lagi, berapa umur bayi akan tumbuh gigi. Pada usia 6 bulan umumnya dua gigi seri depan di rahang bawah muncul bebarengan. Memasuki usia 7-10 bulan, dua gigi seri depan di rahang atas menyusul muncul.

    Sekedar informasi, munculnya gigi pertama kali ditandai dengan demam, tidak mau makan, hingga ruam di pipi. Untuk mengetahui gejalanya lebih jelas, Mama bisa menyimak di artikel "Bayi Tumbuh Gigi Bikin Panik? Ini Penjelasannya untuk Mama".

     

    Usia 10-14 Bulan

    Memasuki usia 10-14 bulan, gigi geraham sulung mulai tumbuh. Gigi ini letaknya berada di belakang mulut, tepatnya rahang bawah dan atas. Munculnya gigi geraham ditandai dengan air liur berlebih, rewel, dan keinginan si kecil menggigit-gigit benda. Kalau gigi tumbuh mengganggu kenyamanan si kecil, biasanya bayi akan rewel hingga kolik. Kalau si kecil demam dan semakin kesakitan, Mama dapat konsultasi ke dokter.

     

    Usia 16-22 Bulan

    Pada usia 16-22 bulan gigi taring bayi mulai muncul di permukaan. Sama seperti tahap sebelumnya, kemungkinan si kecil juga akan mengalami gejala pertumbuhan gigi.

     

    Usia 24-33 Bulan

    Menginjak usia anak-anak, biasanya pertumbuhan gigi si kecil terasa lebih menyakitkan. Pada tahap ini gigi geraham besar mulai tumbuh, melengkapi jenis gigi yang lain. Untuk meredakan rasa sakit, Mama dapat memberikan si kecil sayuran keras agar dikunyah. Berikan juga minuman dingin untuk menyamarkan rasa sakit. Mudah kan, Mam?

    Sekarang, sudah tahu gigi bayi tumbuh di berapa kan, Mam? Jangan khawatir kalau si kecil mengalami gejala tersebut, ya!

     

    Gently Mendukung Tumbuh Kembang Anak

    Mulai sekarang, Mama tidak perlu khawatir lagi kalau bayi tumbuh gigi. Justru, pertumbuhan gigi menandakan tumbuh kembang si kecil normal atau sesuai usianya. Terpenting, Mama memberikan stimulus sesuai usianya dan memberikan pertolongan pertama ketika bayi, kolik, atau tidak enak badan. Salah satu caranya, memberikan produk perawatan yang dapat menghangatkan sekaligus menenangkan kulit si kecil.

    Mintly sarankan Mama menyediakan produk perawatan bayi seperti Gently. Rangkaian produk dari Gently mempunyai formula lembut dan terbuat dari bahan alami yang berkualitas premium, serta sudah teruji secara klinis. Pemakaian Gently secara rutin dapat menghindari si kecil dari kulit kering, ruam, dan iritasi. Ketika si kecil demam, Genlty dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh si kecil. 


    Tak perlu berlama-lama, ketahui dan dapatkan produk Gently di sini! 



    Sumber:

    https://www.babycenter.com/health/teething-and-tooth-care/baby-teething-timeline_10355502

    https://dentistryforkids.info/blog/2019/07/development-care-of-childrens-teeth-a-timeline/

    https://www.babycenter.com/pregnancy/your-baby/fetal-development-your-babys-teeth_40005568

    https://www.kidsdentalonline.com/dental-topics/baby-dental-topics/stages-teething-helpful-hints/#:~:text=The%20lower%20and%20upper%20front,hands%2C%20or%20other%20solid%20objects.