0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Mama Wajib Kenali 5 Penyebab Biang Keringat

    February 23, 2024 3 min read

    cara mengatasi biang keringat

    Biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat. Hali ini dapat terjadi karena banyak hal, seperti faktor udara, kebersihan, dan aktivitas berlebih. Sebelum mengatasi biang keringat, ketahui penyebabnya dulu, Mam!

     

    Mama pasti tak asing dengan bintik-bintik merah pada kulit bayi kan? Kalau disertai dengan rasa gatal dan sedikit benjolan, bisa jadi si kecil mengalami biang keringat atau yang dikenal dengan miliaria dalam istilah medis. Sayangnya, tak sedikit Mama yang membiarkan penyakit kulit ini hilang dengan sendirinya. Padahal, miliaria membutuhkan perawatan tepat agar tidak datang kembali, Mam!

    Pertanyaanya, berapa banyak bayi yang terkena biang keringat atau keringat buntet? Dilansir dari laman The Australasian College of Dermatologist, 15% bayi baru lahir kemungkinan mengalami biang keringat. Kemungkinan, mereka dapat mengalami tiga jenis biang keringat: miliaria kristalina, miliaria rubra, atau miliaria profunda. Untuk mengetahui perbedaanya, Mama dapat membaca artikel “Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Biang Keringat.” 

    Perlu Mama ketahui, biang keringat atau miliaria lebih mudah menyerang bayi daripada orang dewasa. Dilansir dari laman IDAI, hal ini karena, suhu tubuh bayi belum sempurna dan kelenjar keringatnya masih dalam tahap perkembangan. Ketika kulit belum bisa mengeluarkan keringat dengan optimal, kondisi ini menyebabkan biang keringat.

    Sebelum mengenali penyebabnya, Mama sudah tahu gejala biang keringat belum? Biang keringat ditandai dengan bintik-bintik merah, rasa gatal, atau perih yang cukup tajam. Gejala tersebut dapat muncul di area yang jaringan keringatnya tersumbat, seperti lipatan kulit, leher, atau punggung.


    Penyebab Biang Keringat

    Biang keringat pada bayi tidak muncul begitu saja. Pada umumnya biang keringat memang terjadi karena penyumbatan saluran keringat akibat produksi keringat berlebih. Oleh karena itu, Mama dapat mengetahui faktor pendukung tersumbatnya saluran keringat, seperti berikut ini:

    1. Pakaian Tidak Sesuai
      Penyebab biang keringat pada bayi adalah penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Hindari juga bahan yang tidak menyerap keringat atau mudah panas. Mintly sarankan, Mama menggunakan pakaian berbahan katun untuk mencegah biang keringat.

    2. Tidak Menjaga Kebersihan Bayi
      Jarang disadari orang tua, penyebab biang keringat atau keringat buntet pada bayi adalah kebersihan yang tidak terjaga. Contohnya ketika Mama jarang mengganti baju atau sprei bayi. Tanpa kita sadari, kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit bayi terlalu lembab hingga memicu biang keringat.

    3. Bayi terlalu Banyak Beraktivitas
      Si kecil lagi kebanyakan tummy time atau merangkak, Mam? Dilansir dari laman yankes.kemkes, aktivitas tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, Mama jangan heran kalau si kecil jadi mudah terkena biang keringat, ya!

    4. Udara Panas
      Penyebab biang keringat pada bayi adalah udara yang terlalu panas, seperti iklim tropis di Indonesia. Udara yang terlalu lembap dan panas memudahkan berkeringat hingga muncul biang keringat pada bayi. Akan lebih parah lagi kalau biang keringat bersentuhan dengan kuman, hal ini menyebabkan masalah baru seperti infeksi kulit. Mama pasti tidak mau kan?

    5. Berbaring terlalu Lama
      Bayi baru lahir belum bisa menggerakkan tubuh ke samping kanan dan kiri, Mam! Itulah mengapa, punggung si kecil mudah berkeringat dan terlalu lembap. Mintly sarankan, sesekali Mama perlu mengubah posisi si kecil agar tidak cepat berkeringat atau kepanasan. 

    Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Biang Keringat

    Mengatasi Biang Keringat Bayi

    Seperti yang kita tahu, biang keringat umumnya menyebabkan bayi tidak nyaman dan rewel. Namun tidak perlu khawatir lagi, Mama dapat menggunakan krim khusus biang keringat seperti Gently Skin Rescue Balm. Produk ini mengandung Calamine, Cherry extract, dan Habbatussauda yang berkhasiat untuk menenangkan kulit bayi yang kemerahan, rasa gatal, dan iritasi akibat biang keringat.

    Tenang saja, produk Gently Skin Rescue Balm ini bisa diaplikasikan 2-3 kali sehari atau setelah mandi saja. Dengan pemakaian rutin, biang keringat bayi dapat mereda dalam kurun waktu 7 hari, Mam!

    Daripada coba-coba produk yang belum teruji secara klinis, lebih baik pilih yang pasti saja. Dapatkan Gently Skin Rescue Balm di sini, yuk!

     

     

    Sumber:

    https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2964/penyebab-biang-keringat

    https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/miliaria-mengenal-dan-mencegahnya

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-rash/symptoms-causes/syc-20373276 

    https://dermnetnz.org/topics/miliaria 

    https://www.dermcoll.edu.au/atoz/miliaria/

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/324702#types