0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Mama Wajib Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kembung!

    February 16, 2024 3 min read

    Bayi menangis karena kembung dan kolik

    Perut bayi yang kembung dapat menyebabkan kolik. Untuk mengatasi bayi kembung, Mama dapat memberikan cream bayi yang memberikan rasa hangat, pijatan, hingga mengajaknya bercanda. Supaya si kecil merasa nyaman, simak cara mengatasi kembung pada bayi, yuk!


    Melihat si kecil menangis sampai berjam-jam terkadang membuat Mama dan satu keluarga ikut panik. Apalagi kalau Mama sudah mencoba berbagai cara tapi si kecil tidak juga tenang. Kalau mengalami kondisi seperti ini jangan langsung khawatir, bisa jadi penyebabnya adalah kolik yang masih jarang diketahui orang tua. 

    Perlu Mama ketahui, bayi rewel atau kolik akan menangis lebih dari 3 jam sehari, dan terjadi 3 hari dalam seminggu. Tenang saja, dilansir dari laman IDAI, kondisi ini termasuk hal lumrah yang terjadi pada bayi baru lahir, dan akan mereda dengan sendirinya pada usia 4 bulan. 

    Penyebab kolik belum diketahui secara pasti, namun dilansir dari laman Medical News Today, kemungkinan penyebabnya adalah tekanan gas di dalam perut bayi. Tekanan gas umumnya membuat perut kembung hingga rasa tidak nyaman. Tak heran kalau bayi menjadi rewel atau kolik. 

    Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut, bagi Mama yang masih bingung hubungan kolik dan perut kembung silahkan baca artikel ini "Mama Wajib Tahu, Apa itu Kolik pada Bayi!". Berikutnya, Mama dapat menyimak penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kembung pada bayi ini!


    Penyebab Perut Kembung Bayi

    Siapa pun yang memiliki bayi baru lahir pasti khawatir kalau perut kembung membuatnya rewel. Sebenarnya, pada kondisi ini si kecil sedang beradaptasi dengan 'dunia baru'. Nah, berikut beberapa penyebab perut bayi kembung yang sering terjadi:

    • Salah Posisi saat Minum ASI

    Salah satu penyebab perut kembung pada bayi adalah kemasukan udara. Hal ini terjadi kalau posisi botol ASI atau puting Mama tidak tepat di bibir bayi. Perlu Mama ketahui, kondisi ini memungkinkan gelembung udara yang masuk dari mulut sampai ke usus, lalu menyebabkan tekanan dan perut kembung. 

    • Menangis Berlebih

    Penyebab bayi kembung adalah karena menelan udara saat menangis. Saat menangis, udara akan masuk ke perut dan membuat perut kembung. Namun, sulit bagi Mama untuk membedakan apakah gas yang menyebabkan bayi menangis atau justru menangis menyebabkan perut kembung. Apa pun itu, Mama harus mengatasi perut kembung si kecil, ya!

    • Masalah Pencernaan

    Siapa sangka bayi dapat mengalami sembelit? Dilansir dari Mayo Clinic, sembelit pada bayi sering muncul saat dia mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI) atau mengonsumsi makanan padat. Hal ini terjadi karena sistem pencernaanya masih beradaptasi untuk memproses makanan. 

    Tidak hanya itu, dilansir dari laman IDAI, diare pada bayi juga menyebabkan perut kembung. Ketika diare, kadar kalium si kecil akan berkurang. Hal ini yang menyebabkan perut bayi kembung. Jadi, jangan heran kalau si kecil rewel karena ada masalah pencernaan, ya!


    Mengatasi Perut Kembung

    Setelah mengetahui penyebab perut kembung pada bayi baru lahir, berikutnya Mama dapat melakukan perawatan rumahan untuk menenangkan bayi dan membantu gas keluar lebih mudah dari tubuh si kecil. Berikut ini beberapa caranya:

    • Periksa Posisi Menyusu

    Mama masih ingat bagaimana posisi saat menyusui si kecil? Dilansir dari laman WebMD, untuk mengatasi perut kembung pada bayi, Mama dapat mengatur kepala si kecil lebih tinggi dari perutnya. Cara ini membantu si kecil  lebih mudah bersendawa.

    Kalau Mama menggunakan botol, angkat sedikit botol supaya tidak ada gelembung udara di sekitar dot. Tambahkan juga bantal menyusui agar botol tidak mudah goyah. 

    • Sendawakan Bayi

    Kalau posisi menyusu dirasa sudah tepat tapi perut bayi masih kembung, Mama dapat mencoba sendawakan bayi. Caranya adalah dengan menggendong bayi di depan dada, lalu gunakan satu tangan untuk menepuk atau mengusap punggung si kecil. Usapan lembut Mama dapat membantu si kecil mengeluarkan udara yang terjebak di perut.

    • Pijat Perut Bayi

    Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memberikan pijatan ILU (I Love You). Pijatan ini adalah pijatan lembut yang efektif untuk meredakan gas pada perut bayi. Bagi yang belum tahu, teknik pijatan ILU ini cukup mudah, kok. 

    Mama dapat mengusap ke arah bawah perut bayi seperti membentuk I dari perut kiri ke kanan. Dilanjutkan dengan gerakan L dari perut kiri atas menuju perut kanan bawah. Terakhir, usapkan gerakan U dari perut kiri bawah sampai kanan bawah.

    • Ajak Si Kecil Bercanda

    Saat memasuki  usia 3-6 bulan umumnya bayi sudah bisa diajak bercanda. Untuk mengatasi perut kembung, Mama dapat mencuri perhatiannya dengan memberi mainan, menari, atau bernyanyi di hadapan si kecil. Dilansir dari laman Medical News Today, cara tersebut dapat mengalihkan rasa sakit dari tekanan gas di perut.

    • Memberikan Calming Cream

    Tak kalah bermanfaat, Mama dapat memberikan calming cream untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk Gently Calming Baby Cream.

    Aroma lavender yang menenangkan dan butiran cream yang lembut memberikan efek hangat untuk si kecil. Tak heran jika satu olesan saja dapat membuat si kecil lebih tenang dan tidak rewel lagi.

    Hadirnya Gently Calming Baby Cream dapat memberikan ketenangan untuk Mama yang ingin merawat si kecil dengan produk berformula lembut dan berkhasiat.


    Demi meredakan perut kembung pada bayi, dapatkan Gently Calming Cream di sini, Mam!



    Sumber: 

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/324725#summary

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/324725#causes 

    https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas

    https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/infant-constipation/faq-20058519 

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/kembung-pada-bayi-dan-anak

    https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas