0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

    February 16, 2024 3 min read

    bayi dengan bintik merah pada pipi

     

    Bintik merah pada bayi itu hal yang umum terjadi. Dengan kulit yang sensitif, bayi lebih rentan mengalami iritasi, kemerahan, ruam, dan masalah kulit lainnya. Maka dari itu, simak cara mengatasi masalah kulit pada bayi di sini!

    Bintik merah adalah hal yang biasa terjadi pada bayi baru lahir. Kondisi ini ditandai dengan adanya bintik warna merah yang terkadang berisi air. Biasanya bintik ini menimbulkan rasa gatal dan sensasi menggaruk pada si kecil. 

    Bintik merah terjadi di mana saja sih? Dilansir dari laman IDAI, bintik merah biasa terjadi pada area yang sering berkeringat. Mama harus mewaspadai area wajah, dada, punggung, hingga lipatan-lipatan kulit. 

    Sebetulnya Mama tidak perlu khawatir berlebih jika muncul ruam pada wajah atau bagian tubuh bayi yang lain. Seiring dengan berlangsungnya waktu, ruam akan sembuh dengan sendirinya.

    Hal yang perlu kita khawatirkan adalah kalau garukan si kecil justru membuat luka dan masalah baru. Mama pasti tidak mau kan? Oleh karena itu, pada kesempatan ini Mintly akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi bintik merah pada bayi dengan tepat. 


    Penyebab Bintik Merah

    Mungkin Mama bertanya-tanya apa penyebab bintik merah pada bayi. Sebelum mengatasinya, berikut beberapa penyebabnya yang harus Mama ketahui:

    • Eksim

    Salah satu penyebab bintik merah pada bayi adalah eksim. Kondisi ini terjadi karena kulit sensitif dan alergi. Eksim biasanya diikuti dengan rasa gatal dan beruntusan pada wajah bayi atau area kulit yang lain.

    Dilansir dari laman American Academy of Dermatology Association (AAD), ada 60% bayi yang mengalami eksim pada tahun pertama kehidupannya. Perlu Mama ketahui, eksim biasa terjadi karena penggunaan sabun yang terlalu keras, seperti sabun yang memiliki kandungan SLS. Makanya, Mama harus berhati-hati saat memilih produk untuk mandi si kecil, ya!

    • Jerawat

    Siapa sangka bintik merah pada bayi lahir juga disebabkan jerawat? Menurut AAD, jerawat mempengaruhi 20% bayi baru lahir. Kondisi ini biasa terjadi sebelum bayi berusia 6 minggu.

    Jerawat pada bayi baru lahir disebabkan oleh hormon ibu yang masuk plasenta di akhir masa kehamilan. Kondisi ini merangsang kelenjar minyak pada kulit si kecil. Tak heran kalau Mama menemukan jerawat di pipi, hidung, dagu, kulit kepala, dada, hingga punggung bayi. 

    • Biang Keringat

    Tidak hanya itu saja, Mam. Bintik merah pada bayi juga bisa disebabkan oleh biang keringat. Ruam kemerahan yang disertai rasa gatal dan perih ini biasa terjadi pada area leher, punggung, atau wajah bayi. 

    Biang keringat tidak terjadi begitu saja, Mam. Umumnya, bintik merah yang berkerumun ini disebabkan oleh cuaca panas yang memicu tersumbatnya kelenjar minyak. Makanya, kita harus memperhatikan baju dan suhu ruangan, ya!

    • Ruam Popok

    Penyebab bintik merah berikutnya adalah ruam popok. Kondisi ini disebabkan infeksi bakteri dari paparan urine, feses, atau popok yang tidak segera diganti. Tidak hanya itu, ruam popok bisa terjadi karena kulit si kecil yang mudah berkeringat dan sangat lembap. Dilansir dari laman Yankes.kemkes, setiap harinya iklim tropis juga menyumbang 79,7% kejadian ruam popok. 

    Sebelumnya sudah Mintly jelaskan penyebab dan cara mengatasi ruam popok pada artikel "Pertolongan Pertama Ruam Popok Bayi" ini. Mama dapat melihat penjelasan lebih lanjut dalam artikel tersebut, ya!


    Mengatasi Bintik Merah pada Bayi

    Meski bintik merah dapat hilang dengan sendirinya, namun tidak menutup kemungkinan kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan si kecil. Apalagi bayi baru lahir belum bisa menyampaikan apa yang dia inginkan. Supaya bayi tidak gampang rewel, Mama dapat menggunakan rangkaian produk perawatan untuk mengurangi bintik merah.

    Mintly rekomendasikan Mama menggunakan Gently Baby Face Cream Advanced 5-in-1 untuk mengatasi bintik merah pada wajah bayi. Produk ini dilengkapi 3x Ceramide dan 4D Hyaluronan yang sekaligus dapat menenangkan, menghidrasi, menutrisi, menjaga, dan menghaluskan kulit wajah bayi. Apalagi ekstrak Chamomile di dalamnya dapat menenangkan kemerahan, beruntusan, hingga bintik putih pada wajah bayi.

    Produk selanjutnya adalah Gently Ultra Soft Baby Body Wash & Shampoo. Sabun dan sampo 2-in-1 ini dapat membersihkan kulit rambut dan badan sekaligus tanpa kandungan SLS/SLES. Ada juga kandungan Calendula Extract untuk menenangkan kulit dari iritasi ringan dan gatal. Tak heran produk ini dapat mempercepat penyembuhan luka ringan.

    Selain itu, Gently Skin Rescue Balm juga dapat Mama jadikan pilihan untuk mengatasi biang keringat. Produk ini dilengkapi Habbatussauda dan Cherry Extract yang diformulasikan khusus untuk menyehatkan kulit sekaligus mengurangi rasa gatal karena biang keringat.

    Tak kalah penting, Mintly sarankan Mama menggunakan produk  Gently Baby Skin Rash Cream. Kandungan Zinc Oxide, Camellia Sinensis Leaf, Lactobacillus Ferment, dan triple microbial fighter di dalamnya dapat menghaluskan, melembutkan, sekaligus meredakan dan mencegah ruam popok pada bayi.


    Demi melindungi bayi dari bintik merah, pastikan Mama memilih produk yang sudah teruji klinis. Segera dapatkan produknya di sini, Mam!



    Sumber:

    https://www.aad.org/public/diseases/acne/really-acne/baby-acne

    https://www.healthline.com/health/how-to-spot-and-take-care-of-your-babys-rash#signs-to-see-a-doctor

    https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/miliaria-mengenal-dan-mencegahnya 

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/baby-rash#diaper-rash

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2528704/