0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Begini Proses Melahirkan Normal, Mama Wajib Tahu!

    May 29, 2024 3 min read

    Proses melahirkan normal adalah adalah hal yang diinginkan kebanyakan wanita. Meski sering ditakuti, jenis persalinan ini dianggap lebih ringan dan minim risiko. Benarkah demikian?


    Sebagian besar ibu hamil pasti ingin melahirkan secara normal lantaran proses penyembuhannya lebih cepat dan tidak ada bekas jahitan di perut. Namun, pada kondisi tertentu, ibu hamil diharuskan mengambil langkah caesar demi menjamin keselamatan. Sayangnya, baik persalinan normal maupun caesar menjadi momok tersendiri bagi ibu hamil. 

    Wajar kalau Mama takut takut dengan proses melahirkan. Dikutip dari laman UT Southwestern Medical Center, sekitar 15-22% wanita mengalami ketakutan dengan proses persalinan. Namun ternyata, ketakutan ini berasal dari ketidaktahuan kita mengenai hal-hal yang terjadi selama persalinan. 

    Supaya tidak takut lagi, berikut ini beberapa hal seputar proses melahirkan yang perlu Mama ketahui. 

     

    Proses Melahirkan Normal

    Melahirkan normal artinya proses keluarnya bayi dari vagina ibu. Persalinan ini dapat dilakukan apabila bayi sudah mencapai usia 38-40 minggu dan dinyatakan sehat oleh dokter. Tidak hanya bayi, persalinan normal dapat dilakukan jika Mama dalam keadaan sehat mental dan fisik. 

    Lalu, apa tanda-tanda kalau sudah mendekati persalinan normal? Dikutip dari laman NHS, menjelang proses melahirkan biasanya muncul tanda-tanda kontraksi, pembukaan, sakit punggung, rasa ingin buang air besar, hingga air ketuban pecah. Tanda yang lain dapat Mama temukan pada artikel "12 Tanda-tanda Mau Melahirkan, Jangan sampai Terlewat!"Apabila menemukan tanda ini, sebaiknya Mama langsung mendatangi dokter, ya! 

    Berikutnya, proses melahirkan akan segera dimulai jika Mama sudah di tahap pembukaan 10 atau leher rahim sudah terbuka 10 cm. Pada tahap ini biasanya terjadi kontraksi 60-90 detik lalu mereda setiap 2-5 menit. Pada proses ini, biasanya ibu hanya boleh mengejan atas seizin dokter atau bidan. 

    Apabila kepala bayi sudah muncul seutuhnya, dokter akan mengeluarkan darah, lendir, cairan ketuban dengan alat khusus. Sementara, ibu diminta untuk tidak mengejan. Kalau tahap tersebut sudah selesai, dokter akan meminta ibu mengejan lagi untuk mengeluarkan badan si kecil seutuhnya.

     

    Pantangan Melahirkan Normal

    Kapan proses melahirkan normal tidak boleh dilakukan? Cleveland Clinic mengatakan, apabila persalinan normal membahayakan ibu dan janin, sebaiknya dilakukan operasi caesar atau melalui pembedahan di perut ibu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kondisi yang mengharuskan operasi caesar: 

    • Kepala atau tubuh bayi terlalu besar melewati panggul
    • Memiliki riwayat operasi caesar sebelumnya
    • Melahirkan bayi kembar
    • Bayi sungsang
    • Memiliki penyakit jantung
    • Tali pusar terlilit
    • dsb

    Melahirkan Normal Vs Caesar

    Sekarang apa perbedaanya proses melahirkan normal dan caesar? Kalau persalinan normal melalui vagina, persalinan caesar dilakukan melalui pembedahan di perut ibu. Biasanya dokter akan membuat sayatan di bagian rahim untuk mengeluarkan bayi. 

    Perbedaan yang lain dari durasi dan proses pemulihan. Kalau persalinan normal berlangsung 12-24 jam, persalinan caesar hanya sekitar 30-60 menit saja. Pemulihan persalinan normal hanya cukup 1-2 hari, sementara caesar bisa sampai berminggu-minggu. 

     

    Gently Mamacare untuk Menghilangkan Stretch Marks

    Selama menjalani proses kehamilan sampai melahirkan terkadang kita dihadapkan dengan masalah stretch mark. Munculnya garis-garis halus di sekitar kulit ini terjadi karena perubahan badan yang signifikan selama hamil sampai pasca melahirkan.

    Mulai sekarang tak perlu bingung lagi kalau muncul stretch mark di paha, perut, atau bokong. Mama dapat mempercayakan produk GENTLY Mamacare untuk merawat sekaligus mencegah garis-garis halus di area paha maupun area yang lain. 

    GENTLY Advanced Stretch Marks Oil Serum. Mama dapat menemukan kandungan Arnica Oil + 5x Ceramide, Magnolia Extract +  3% Niacinamide, dan Snow Crocus Extract + Vegan Collagen. Kandungan tersebut telah teruji secara klinis untuk menjaga skin barrier sekaligus mengurangi stretch marks hanya dalam 28 hari. 


    Dapatkan produk GENTLY Intensive Stretch Marks Cream, yuk!



    Sumber: 

    https://utswmed.org/medblog/coping-fear-childbirth/#:~:text=It's%20completely%20normal%20to%20be,negatively%20impact%20their%20birth%20experience.

    https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-fears/

    https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/labor-and-delivery/new-moms-describe-what-labor-is-really-like/

    https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/7246-cesarean-birth-c-section