0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • 12 Tanda-tanda Mau Melahirkan, Jangan sampai Terlewat!

    April 26, 2024 4 min read

    Sebagian pasangan mungkin belum tahu tanda-tanda ibu hamil mau melahirkan. Umumnya, ibu hamil akan merasakan perubahan fisik hingga emosional sejak 2-3 minggu menjelang persalinan. Demi keselamatan Mama dan buah hati, ketahui tanda-tanda selengkapnya di sini!


    Selamat bagi Mama yang sebentar lagi akan bertemu buah hati! Mintly paham, hari-hari terakhir kehamilan pasti rasanya sangat mendebarkan sekaligus senang, kan?  Sebagai bekal menuju persalinan nanti, Mama perlu mengetahui tanda-tanda melahirkan untuk meminimalisir kepanikan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

    Pada umumnya, dokter sudah memberikan kita hari perkiraan lahir (HPL) sejak mengetahui adanya kehamilan. Masalahnya, Parents mengatakan hanya 4% ibu hamil yang melahirkan sesuai tanggal mereka. Itu artinya, kita perlu mengenali tanda-tanda melahirkan yang biasa terjadi 3 minggu sebelum HPL sampai 2 minggu setelah HPL.

    Untuk memudahkan Mama, simak tanda-tanda mau melahirkan ini!

    Tanda-Tanda Mau Melahirkan

    Sebelum melahirkan, sebenarnya ada beberapa hal yang menandakan persalinan akan segera dimulai. Berikut ini beberapa tanda-tanda sebelum melahirkan.

     

    1. Perubahan Posisi Bayi

    Salah satu tanda mau melahirkan adalah perubahan posisi bayi. Sekitar 1-4 minggu sebelum persalinan, kepala bayi perlahan-lahan akan turun ke area panggul atau yang dikenal dengan proses pengenduran. Untuk mengetahui pergerakan si kecil, Mama dapat meraba posisi perut yang sejajar dengan pinggul untuk menemukan kepala si kecil. 

     

    2. Leher Rahim Semakin Menipis

    Tanda-tanda mau melahirkan berikutnya adalah menipisnya leher rahim. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi hormon estrogen dan progesteron lebih banyak. Akibatnya, serviks lebih lunak dan elastis, memudahkan proses persalinan normal.

     

    3. Punggung Terasa Sakit

    Disadari atau tidak, punggung terasa sakit juga termasuk tanda-tanda mau melahirkan. Dikutip dari laman Parents, nyeri terus-menerus yang menjalar ke perut disebabkan oleh turunnya bayi ke jalan lahir. Tidak perlu takut apabila Mama mengalami kondisi ini,Mama dapat mengoleskan cream pereda nyeri punggung untuk mengurangi intensitas sakitnya. 

     

    4. Bernafas lebih Mudah

    Beberapa bulan saat mengandung, mungkin Mama merasa sesak saat bernapas. Namun tenang saja, menjelang persalinan, bayi akan berada pada posisi yang lebih rendah. Dikutip dari laman American Pregnancy, kondisi tersebut akan mengurangi tekanan pada diafragma, sehingga Mama lebih lega saat bernafas.

     

    5. Muncul Lendir

    Munculnya cairan seperti lendir menjadi tanda-tanda mau melahirkan. American Pregnancy menjelaskan, kondisi ini terjadi ketika serviks mulai menipis dan mengendur. Akibatnya, sumbatan lendir keluar dengan sendirinya.

    Lendir atau cairan akan keluar seperti serabut dengan tekstur kental. Warna cairan juga bermacam-macam, mulai dari merah mudah, bening, hingga merah karena darah. Umumnya, lendir ini akan keluar dalam beberapa menit, jam, atau sampai hari persalinan.

     

    6. Muncul Kontraksi

    Tak kalah penting, tanda-tanda mau melahirkan berikutnya adalah munculnya kontraksi asli. Kontraksi ini muncul tidak beraturan dan menimbulkan rasa tidak nyaman di area punggung dan perut bagian bawah. Pada umumnya, kontraksi seperti gelombang yang berada di atas rahim sampai menjalar ke bawah rahim.

     

    7. Sering Buang Air Kecil

    Menjelang kelahiran si kecil, biasanya frekuensi buang air kecil lebih meningkat. Kondisi ini terjadi ketika bayi sampai di rongga panggul lalu menekan kandung kemih. Tak heran kalau tanda-tanda mau melahirkan ini sering membuat Mama tidak nyaman.

     

    8. Ketuban Pecah

    Pecahnya air ketuban dari vagina menandakan kelahiran semakin dekat. Healthline mengatakan, air ketuban akan pecah karena adanya tekanan dari bayi. Pecahnya ketuban bisa terjadi di mana saja dan sering tidak kita sadari. Kalau ketuban sudah pecah, kemungkinan Mama akan melahirkan si kecil dalam waktu 24 jam.

     

    9. Berat Badan Menurun

    Menurunnya berat badan juga termasuk tanda-tanda mau melahirkan yang jarang disadari. Pada akhir trimester 3 biasanya frekuensi buang air kencing meningkat, hal ini menyebabkan bobot air di dalam tubuh ikut menurun. Tak heran kalau berat badan Mama ikut menurun. 

     

    10. Diare

    Menjelang persalinan nanti biasanya ibu hamil lebih sering diare. Kondisi ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon relaksin lebih banyak di akhir trimester. Disadari atau tidak, kondisi ini menyebabkan otot di rektum mengendur hingga menimbulkan diare. Tidak hanya diare, terkadang ibu hamil juga merasakan sensasi ingin buang air besar. 

     

    11. Mood Swing

    Tidak perlu khawatir kalau Mama merasakan mood swing menjelang persalinan. Perasaan senang, marah, sedih, dan cemas yang menjadi satu termasuk hal yang normal pada ibu hamil. Dikutip dari laman Healthline, mood swing disebabkan oleh lonjakan perubahan hormon, yakni estrogen dan progesteron yang mempengaruhi suasana hati. 

     

    12. Susah Tidur

    Mama merasa sulit tidur sebelum persalinan? Dikutip dari Medical News Today, insomnia atau sulit tidur bisa terjadi kapan saja selama masa kehamilan. Namun insomnia paling parah sering terjadi saat mendekati persalinan. Hal tersebut terjadi karena faktor perubahan hormonal, stres, sleep apnea, atau ketidaknyamanan fisik. Namun  tenang saja, Mama dapat melakukan relaksasi menjelang tidur. 


    GENTLY Mamacare untuk Perawatan Mama

    Menjadi seorang ibu adalah kebanggan tersendiri bagi setiap wanita. Namun, perjuangan menjadi ibu tidak mudah. Mama tak hanya berjuang untuk melahirkan si kecil, tapi juga menerima perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan hingga menyusui. 

    Terkadang, perubahan hormonal ketika hamil menyebabkan beberapa masalah kulit, diantaranya kulit kering, kusam, mudah berjerawat, hingga  stretch mark. Untungnya, saat ini Mama dapat menggunakan skincare rutin yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui, seperti produk dari GENTLY Mamacare. 


    GENTLY Mamacare hadir dengan rangkaian produk yang mengandung formula lembut. Bahkan, produk ini sudah teruji secara dermatologis. Itulah mengapa, Mama perlu memilih skincare yang sudah terpercaya, seperti yang sudah Mintly jelaskan pada artikel Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil. 


    Daripada salah pilih produk dapatkan rangkaian skincare dari GENTLY Mamacare di sini!



    Sumber: 

    https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-mood-swings#causes

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/insomnia-before-labor#:~:text=Insomnia%20can%20occur%20at%20any,sleep%20apnea%2C%20or%20physical%20discomfort.

    https://www.nhs.uk/pregnancy/labour-and-birth/signs-of-labour/signs-that-labour-has-begun/

    https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/signs-of-labor/signs-of-approaching-labor/

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/giving-birth-early-signs-of-labour 

    https://www.healthline.com/health/pregnancy/what-causes-water-to-break