0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • 10 Ciri-Ciri Awal Kehamilan, Sudah Tahu Belum?

    March 01, 2024 4 min read

    Seorang wanita kadang tidak menyadari kehamilan yang sedang berlangsung di dalam rahimnya, terutama bagi yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kemiripan tanda-tanda hamil dengan tanda menstruasi, seperti kram perut, mood swing, atau nyeri pada payudara. Supaya tidak salah penanganan, simak penjelasannya di sini!

    Siapa yang masih mengira tanda kehamilan dilihat dari keterlambatan siklus menstruasi saja? Tentu tidak hanya itu, Mam! Siklus menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh gangguan hormon, stres, kelelahan, atau masalah kesehatan tertentu. 

    Membedakan gejala haid dan ciri-ciri kehamilan sangat penting. Bayangkan kalau kita belum sadar positif hamil, lalu tidak mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Bisa diperkirakan hal ini mengganggu perkembangan janin hingga memicu keguguran. Mama pasti tidak mau, bukan? 

    Bukan maksud Mintly menakut-nakuti Mama, kok. Jika pada artikel "Hal-hal yang Perlu Mama Ketahui Tentang Kehamilan" telah dibahas proses terjadinya pembuahan dan pembagian fase hamil, secara khusus MIntly akan membahas ciri-ciri hamil muda yang kerap diabaikan bumil. Berikut ini penjelasannya, Mam!

     

    Tanda-tanda Kehamilan

    Tanda kehamilan muncul selang beberapa hari setelah berhubungan seksual. Bahkan, American Pregnancy mengatakan, gejala kehamilan dapat muncul dalam waktu seminggu setelah pembuahan terjadi. Nah, berikut ini ciri hamil muda yang sering terjadi:

    1. Mood Swing

    Salah satu tanda-tanda kehamilan adalah perubahan suasana hati atau mood swing. Kondisi ini terjadi karena perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmitter otak. Akibatnya, keadaan suasana hati kita mudah sekali berubah. Dari yang awalnya bahagia, seketika dapat berubah menjadi cemas atau sedih. 

    Meski mood swing mengganggu diri sendiri dan orang lain, American Pregnancy mengatakan kondisi ini meruapakan hal yang normal. Namun, Mama dapat mengkomunikasikan hal ini dengan suami atau keluarga terdekat agar bisa dimaklumi, ya! Namun, kalau depresi terjadi berkepanjangan, Mintly sarankan untuk konsultasi ke ahli.

    2. Perut Kembung

    Tanda kehamilan yang lain adalah perut terasa kembung atau begah. Kondisi ini mirip sekali dengan dismenore atau gejala awal menstruasi. Perbedaannya, dilansir dari laman MayoClinic, perut kembung di awal kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal.

    3. Mual

    Mama merasakan mual-mual tanpa sebab yang jelas? Mual di pagi, siang, sampai malam hari juga termasuk ciri-ciri kehamilan. Penyebab kondisi ini belum diketahui secara pasti, namun para ahli mengatakan kemungkinan besar perubahan hormon menyebabkan mual parah.

    4. Perut Kram

    Ciri-ciri kehamilan berikutnya adalah perut terasa kram seperti ditarik. Kondisi ini terjadi karena perubahan ukuran dan posisi rahim. Kondisi ini memicu ligamen (penopang rahim) menjadi kencang dan berkontraksi. Tak heran kalau perut Mama terasa kram dan tidak nyaman.

    5. Sensitif dengan Bau

    Awal kehamilan juga ditandai dengan penciuman yang lebih sensitif dari biasanya. Khususnya untuk mencium bawang, rokok, bau wangi, bau amis, hingga keringat orang lain. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron setelah terjadi pembuahan. Maka jangan heran kalau aroma tersebut juga memicu mual dan muntah, ya!

    6. Keputihan

    Siapa yang menyangka keputihan juga termasuk tanda kehamilan? Kalau volume keputihan berwarna bening, putih, dan lebih banyak dari biasanya, Mama wajib melakukan uji test pack. Perlu Mama ketahui, cairan berwarna ini bermanfaat untuk mencegah penyebaran infeksi dari vagina menuju rahim.

    7. Bercak

    Ciri-ciri awal kehamilan yang lain adalah bercak kecoklatan yang tidak kita sadari keluarnya. Berbeda dengan bercak atau flek menstruasi, bercak saat hamil tidak diikuti rasa sakit atau kram di perut.

    8. Payudara Bengkak

    Payudara bengkak tidak hanya kita rasakan saat desminre saja. Dilansir dari laman Mayoclinic, payudara terasa nyeri dan bengkak termasuk ciri-ciri awal kehamilan. Hal ini terjadi karena pengaruh hormonal yang membuat payudara lebih sensitif.

    9. Sering Buang Air Kecil

    Ciri-ciri kehamilan lainnya adalah intensitas buang air kecil yang lebih banyak dari biasanya. Masih dari laman MayoClinic, hal ini disebabkan oleh jumlah darah yang meningkat selama kehamilan, sehingga ginjal memproses cairan (air kencing) lebih ekstra.

    10. Rasa Lelah

    Sering merasa lelah dan cepat mengantuk juga menjadi ciri-ciri awal kehamilan. Dilansir dari laman NHS, kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan biasa terjadi pada 12 minggu awal. Meski sudah mencukupi kebutuhan tidur, rasa lelah ini membuat Mama ingin cepat istirahat. 

    Mama, sekali lagi gejala tersebut tidak bisa disamakan setiap ibu hamil muda. Untuk memastikan ada kemungkinan positif hamil tidaknya, Mama dapat mengetes dengan menggunakan test pack, ya!  

     

    Hal yang Harus Mama Lakukan saat Positif Hamil

    Setelah mengetahui positif hamil, Mama bingung harus bagaimana? Tenang saja, berikut ini Mintly bagikan pertolongan pertama saat hamil: 

    1. Mengatur Jadwal dengan Dokter

    Salah satu hal yang perlu Mama lakukan setelah mengetahui ciri-ciri kehamilan adalah konsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan USG dan mengkonfirmasi kehamilan Mama.

    Tidak hanya itu saja, lho! Dokter akan memberikan saran asupan atau suplemen yang harus dikonsumsi Mama. Apabila diperlukan, dokter akan membuat jadwal konsultasi di hari yang lain. 

    2. Konsumsi Suplemen 

    Sejak awal kehamilan, Mama dapat mengonsumsi suplemen prenatal yang mendukung tumbuh kembang janin. Beberapa suplemen yang bisa Mama konsumsi adalah asam folat atau vitamin B9 untuk mencegah dan menurunkan risiko bayi cacat lahir. Selain itu, Mama juga dapat mengonsumsi zat besi, vitamin D, dan DHA. 

    3. Menyiapkan Produk Perawatan Bayi

    Selain mencukupi kebutuhan nutrisi terbaik untuk si kecil, menyiapkan perawatan bayi juga tak kalah penting. Khususnya produk perawatan untuk menyambut kelahiran si kecil. Pastikan Mama mempercayakan produk Gently untuk menemani tumbuh kembang si kecil.

    Produk Gently terhindar dari SLS/SLES dan didominasi oleh bahan alami yang berkualitas premium. Pada intinya, Gently mengerti dan ingin menjawab kebutuhan Mama untuk merawat kulit si kecil agar tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Demi kebahagian si kecil, ketahui dan dapatkan produk Gently di sini!



    Sumber: 

    https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

    https://www.nct.org.uk/pregnancy/am-i-pregnant/am-i-pregnant-early-signs-and-symptoms

    https://americanpregnancy.org/pregnancy-symptoms/early-signs-of-pregnancy/

    https://rsiazainab.co.id/artikel/5-hal-yang-harus-bunda-lakukan-jika-positif-hamil

    https://www.healthline.com/health/pregnancy/11-things-to-do-when-you-find-out-youre-pregnant#share-your-news-if-you-want