0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Ini 8 Cara Menghilangkan Stretch Marks Membandel!

    April 22, 2024 4 min read

    Cara menghilangkan stretch marks dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kita dapat memilih perawatan alami, tindakan medis, atau menggunakan produk khusus stretch marks yang sudah teruji secara klinis. Daripada bingung, simak perawatan yang tepat untuk meredakan garis-garis halus, yuk!


    Sudah mencoba berbagai cara tapi stretch marks tidak kunjung memudar, Mam? Munculnya garis-garis halus di area kulit terkadang membuat kita frustasi. Belum lagi kalau produk yang kita gunakan tidak mengandung bahan aktif yang tepat. Alih-alih mengobati, justru menimbulkan masalah baru lagi. Oleh karena itu, kita perlu menghilangkan stretch marks dengan tepat. 

    Bagi yang belum tahu, stretch marks adalah masalah kulit yang ditandai kemunculan garis-garis halus berwarna cokelat, pink, merah, ungu, putih, atau cenderung gelap. Kondisi ini terjadi ketika kulit meregang terlalu cepat hingga menimbulkan lapisan tengah kulit menipis. Tak heran kalau lapisan di bawahnya akan muncul di permukaan dan menyebabkan guratan halus di area perut, pinggul, payudara, hingga punggung bawah. 

    Meski kemunculan stretch marks tidak terasa, masalah kulit ini tidak terjadi begitu saja. Pada umumnya, peregangan kulit disebabkan oleh perubahan berat badan yang signifikan. Perubahan berat badan ini didukung oleh faktor kehamilan, diet ketat, masa pubertas, hingga olahraga yang terlalu ekstrim. 

    Namun, dilansir dari laman Cleveland Clinic, 50-90% persen ibu hamil lebih berisiko mengalami stretch marks. Penjelasan selengkapnya dapat Mama simak pada artikel “5 Penyebab Stretch Mark pada Kulit, Mama Wajib Tahu!”. 


    Setelah mempelajari penyebabnya, ketahui juga beberapa cara menghilangkan stretch marks ini, Mam!

     

    Menghilangkan Stretch Marks

    Meski tidak menimbulkan efek sakit, stretch marks dapat mengganggu penampilan Mama. Belum lagi kalau garis-garis halus semakin membandel dan sulit hilang, dapat dipastikan kondisi ini mengganggu mental hingga kebiasaan kita. Namun tenang saja, Mama dapat menggunakan berbagai perawatan dan tindakan untuk menghilangkan stretch marks seperti berikut. 

    1. Minyak Zaitun

    Apabila Mama ingin cara alami untuk menghilangkan stretch marks, kita dapat memanfaatkan minyak zaitun. Kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun dapat membantu produksi kolagen di kulit. Selain itu, kandungan linoleic acid di dalamnya dapat menjaga kelembapan kulit. Untuk hasil maksimal, Mama dapat mengoleskan dan memijat bagian stretch marks dengan minyak zaitun.

    2. Aloe Vera

    Tak kalah bermanfaat, aloe vera juga dapat menghilangkan stretch marks dengan baik. Menurut Healthline, gel di dalam aloe vera dapat menghaluskan sekaligus melembutkan kulit. Menariknya lagi, gel alami ini dapat meregenerasi kulit lebih optimal, sehingga dapat memudarkan garis-garis halus lebih optimal. 

    Cara memudarkan stretch marks dengan gel aloe vera cukup mudah. Mama dapat mengoleskan gel yang sudah dibersihkan. Berikutnya, oleskan gel ke bagian yang terkena stretch marks, lalu berikan pijatan lembut saja.

    3. Madu

    Masih dengan cara alami, Mama dapat menggunakan madu untuk menghilangkan stretch marks di kulit. Menurut Kemenkes, madu mempunyai antiseptik yang dapat meredakan gatal, menyembuhkan luka, hingga mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Tak heran jika madu dapat memudarkan stretch marks. 

    Untuk memanfaatkan madu, Mama dapat mengoleskan madu ke bagian stretch marks. Lalu kompres bagian yang sudah dioleskan madu dengan kain air hangat selama 20-30 menit. Terakhir, bilas sampai bersih. 

    4. Terapi Laser

    Selain menggunakan bahan alami, kita dapat mengikuti terapi laser untuk menghilangkan stretch marks membandel. Seperti yang dikutip dari Mayo Clinic, laser dapat menstimulasi perkembangan kolagen, sehingga kulit lebih elastis dan garis-garis halus semakin tersamarkan. Namun sayangnya, biaya laser ini cukup mahal, Mam!

    5. Eksfoliasi

    Cara menghilangkan stretch marks yang lain adalah melakukan eksfoliasi. Baik eksfoliasi scrubbing maupun chemical dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membandel. Meski tidak menghilangkan guratan halus sepenuhnya, cara ini dapat meratakan warna kulit dan mengurangi keparahan stretch marks.

    6. Retinoid

    Tak kalah bermanfaat, cara lain untuk menghilangkan stretch marks adalah menggunakan bahan aktif retinoid. Dilansir dari WebMD, senyawa yang berhubungan dengan vitamin A ini dapat meningkatkan produksi kolagen kulit, sehingga dapat membuat kulit lebih elastis dan memudarkan garis-garis halus. 

    Kabar baiknya, dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian menemukan jika retinol dapat menyamarkan stretch marks. Meski begitu, penggunaan retinoid pada ibu hamil harus sesuai instruksi karena retinoid memiliki efek samping kulit menjadi merah, iritasi, dan bersisik. 

    7. Serum Stretch Marks

    Tak kalah bermanfaat, cara menghilangkan stretch marks berikutnya adalah menggunakan serum. Khususnya serum yang mengandung Niacinamide, Ceramide, Arnica Oil. Selain menghaluskan kulit, kandungan tersebut dapat menyamarkan garis-garis halus lebih cepat. Makanya, Mama jangan sampai salah pilih produk, ya!

    8. Krim Stretch Marks

    Selain serum, Mama dapat mencoba cream khusus stretch marks. Namun pastikan Mama tidak asal memilih cream yang ada di pasaran. Pastikan produk yang Mama pilih mengandung Hyaluronan, Amino Acid, dan Vegan Collagen. Kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit dan skin barrier, sehingga garis-garis halus semakin tersamarkan.


    Gently Mamacare Bantu Menghilangkan Stretch Marks

    Menghilangkan stretch marks ada banyak pilihannya. Mama bisa memilih perawatan alami, laser, atau menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk memudarkan stretch marks. Mintly sarankan Mama menggunakan rangkaian produk dari GENTLY Mamacare untuk memudarkan garis-garis halus membandel di area kulit. 

    Salah satu cream stretch marks adalah GENTLY Intensive Stretch Marks Cream. Hadir dengan formula lembut, produk ini dilengkapi 8X Hyaluronan, Amino Acid, Vegan Collagen, hingga Magnolia Sieboldii Extract. Kandungan tersebut sangat ampuh mengunci kelembapan kulit, menjaga skin barrier, sumber antioksidan, sekaligus mencerahkan kulit secara alami. Cream stretch marks ini juga dilengkapi 5x Natural Soothing Agents untuk menyamarkan stretch marks hanya dalam 28 hari.

    Untuk hasil lebih maksimal, Mama dapat menggunakan GENTLY Advanced Stretch Marks Oil Serum. Produk ini terdiri dari beberapa bahan aktif, diantaranya Arnica Oil + 5x Ceramide, Magnolia Extract +  3% Niacinamide, dan Snow Crocus Extract + Vegan Collagen. Kandungan tersebut telah teruji secara klinis untuk menjaga skin barrier, mencerahkan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi stretch marks hanya dalam 28 hari. 


    Daripada bingung memilih produk perawatan stretch marks, lebih baik pilih yang pasti saja, Mam! cek lebih lanjut produk GENTLY Intensive Stretch Marks Cream dan GENTLY Advanced Stretch Marks Oil Serum di sini, yuk!



    Sumber:

    https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10785-stretch-marks

    https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks#natural-treatments

    https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/969/tips-memudarkan-stretch-mark-dengan-bahan-alami#:~:text=Cara%20menggunakannya%20mudah%20saja%2C%20kamu,yang%20tadi%20dioleskan%20terserap%20sempurna.

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/283651#treatment-and-prevention 

    https://www.nhs.uk/conditions/stretch-marks/

    https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/are-stretch-marks-normal-for-teens#:~:text=It's%20common%20for%20stretch%20marks,or%20oral%20steroids%2C%20like%20prednisone