0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

    April 26, 2024 4 min read

    Mencari skincare untuk ibu hamil memang gampang-susah. Tak hanya mencari skincare yang sesuai kondisi kulit, Mama juga harus memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Salah sedikit, bisa membahayakan kulit Mama dan perkembangan janin, lo! Simak rekomendasi skincare di sini, yuk!


    Merasa cemas karena masalah kulit saat hamil, Mam? Sebagian ibu sering mengeluhkan masalah kulit, mulai dari melasma, jerawat, stretch marks, hingga kulit kering. Tidak perlu khawatir berlebih sebetulnya, kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil. Untuk mengatasinya, Mama dapat menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil. 

    Pertanyaanya, bagaimana memilih skincare untuk ibu hamil? Dikutip dari laman Medical News Today, Mama dapat menggunakan skincare yang ada di pasaran, asalkan tidak mengandung retinoid, hidroquinon, hingga ftalat yang membahayakan bumil dan janin. Sebagai gantinya, Mama dapat menggunakan skincare yang lebih gentle namun tetap menutrisi kulit.

    Lantas, apa saja skincare yang aman untuk ibu hamil? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

     

    Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

    1. Niacinamide

    Salah satu bahan aktif skincare yang aman untuk ibu hamil adalah niacinamide. Berasal dari vitamin B3, bahan aktif ini dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, mengurangi sebum, hingga meredakan peradangan karena jerawat. Pada umumnya, Mama dapat menemukan nianicamide pada serum, sunscreen, maupun moisturizer.

     

    2. Vitamin C

    Siapa yang tak mengenal vitamin C? Kandungan skincare satu ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Selain dikenal mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit, melindungi dari sinar UV, dan mendukung produksi kolagen. Mengingat banyaknya manfaat vitamin C, bahan satu ini biasa kita temukan pada serum, moisturizer, dan lotion

     

    3. Ceramide

    Tak kalah penting, ceramide juga termasuk kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Dilansir dari laman Medical News Today, ceramide dapat menjaga kelembapan kulit, melindungi dari kerusakan sinar UV, dan menguatkan skin barrier. Mama dapat menemukan bahan aktif ini pada serum, facial wash, dan moisturizer

     

    4. Amino Acid

    Sudah pernah mendengar amino acid atau asam amino, Mam? Bahan skincare yang sering kita temukan pada serum, cream, dan moisturizer ini dapat menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat. Bahkan, sebuah penelitian dari National Library of Medicine menemukan, asam amino dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan perbaikan kulit yang rusak. Tak heran jika kandungan satu ini dapat mengatasi masalah kulit seperti stretch mark dengan baik. 

     

    5. Peppermint Oil

    Peppermint oil juga termasuk kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Sesuai namanya, minyak ini berasal dari tanaman mint yang telah melalui pengolahan. Aromanya yang menenangkan memberi rasa hangat membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, minyak ini juga memiliki sifat analgesik atau mengurangi rasa nyeri. Makanya, kita dapat menemukan peppermint oil pada cream relaxation. 


    Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil

    Perubahan hormon selama hamil umumnya membuat kulit cepat kering dan sensitif. Demi meningkatkan kepercayaan diri Mama, berikut ini beberapa rekomendasi skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

     

    1. GENTLY Mamacare Intensive Stretch-Marks Cream 

    Siapa yang mengalami stretch mark selama hamil? Munculnya guratan halus di area kulit termasuk hal normal. Kondisi ini terjadi karena perubahan berat badan yang signifikan menimbulkan peregangan di area perut, paha, bokong, hingga payudara. Penyebab selengkapnya sudah Mintly bahas pada artikel 5 Penyebab Stretch Marks Pada Kulit, Mama Wajib Tahu!

    GENTLY Intensive Stretch-Marks Cream ini mengandung beberapa bahan aktif, diantaranya 8X Hyaluronan, Amino Acid, dan Vegan Collagen, Magnolia sieboldii Extract, dan 5x Natural Soothing Agents. Kandungan tersebut dapat mencerahkan kulit, mengunci kelembapan secara alami, hingga menyamarkan stretch marks hanya dalam 28 hari saja, lo! 

     

    2. GENTLY Mamacare Advanced Stretch-Marks Oil Serum

    Selain menggunakan cream, Mama dapat menggunakan Advanced Stretch-Marks Oil Serum untuk menghilangkan guratan halus di kulit. Skincare yang untuk ibu hamil ini mengandung arnica oil, 5x ceramide, magnolia extract, 3% niacinamide, snow crocus extract, dan vegan collagen. Kandungan ini membantu menghaluskan kulit sekaligus mengurangi stretch marks dalam 28 hari. 

    Sebelum menggunakan cream stretch mark, Mama dapat menggunakan serum ini terlebih dulu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan produk ini 2 kali sehari saat kulit dalam keadaan bersih, ya!

     

    3.GENTLY Mamacare Relaxing Body Cream

    Seiring pertambahan usia kehamilan, badan lebih mudah pegal-pegal, Mam? Mulai sekarang, Mama dapat menyediakan Relaxing Body Cream ini untuk memberikan rasa hangat, efek relaksasi di seluruh tubuh dan persendian. Produk ini dilengkapi dengan peppermint oil, centella, dan ekstrak chamomile yang akan menenangkan kulit sekaligus mencerahkan secara alami. 

    Penggunaan GENTLY Relaxing Body Cream cukup mudah, Mam! Mama dapat mengoleskan cream secara merata di bagian tubuh yang diinginkan, lalu berikan pijatan yang lembut agar lebih rileks. Sangat gampang kan?

     

    4. GENTLY Mamacare Radiant Serum

    Produk skincare yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah GENTLY Radiant Serum. Mengandung 2% niacinamide, vegan collagen, dan 5x ceramide, serum ini dapat meratakan warna kulit, menghaluskan, serta menguatkan skin barrier Mama. Jadi, Mama tidak perlu takut lagi kulit kusam selama hamil. 

    Cara menggunakan GENTLY Radiant Serum cukup mudah. Mama dapat mengaplikasikan 5-10 tetes serum ke area wajah yang sudah dibersihkan. Untuk hasil maksimal, gunakan serum wajah ini setiap pagi dan malam hari, ya!

     

    5. GENTLY Mamacare Low pH Radiant Facial Wash

    Siapa yang bingung mencari facial wash low pH selama hamil? GENTLY Low pH Radiant Facial Wash hadir dengan formula khusus untuk menyeimbangkan pH kulit agar skin barrier tetap terjaga. Facial wash ini mengandung magnolia sieboldii extract, rainbow algae, 8x hyaluronan, 5x ceramide, dan 5x shooting agents. Formula tersebut dapat membersihkan sekaligus mencerahkan warna kulit Mama. 

     

    6. GENTLY Mamacare Calming Barrier Moisturizer

    Tak kalah bermanfaat, GENTLY Calming Barrier Moisturizer juga termasuk skincare yang aman untuk ibu hamil. Moisturizer berbentuk gel ini mengandung 8x hyaluronan, 5x ceramide, magnolia sieboldii extract, hingga mugwort extract. Formulasi lengkap in dapat menjaga kelembapan kulit, memperkuat skin barrier, mencerahkan warna kulit alami, hingga mencegah tanda-tanda penuaan dini, lo! 


    Demi kebaikan calon buah hati, pastikan Mama memilih skincare yang aman dan direkomendasikan khusus untuk ibu hamil, ya! GENTLY Mamacare hadir dengan formula lembut dan sudah teruji secara klinis. Segera dapatkan rangkaian skincare dari GENTLY Mamacare di sini, yuk!



    Sumber:

    https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care#safe-alternatives

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/benefits-of-ceramide-for-skin

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-skin-care#sunscreen-safety

    https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care

    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32761577/