0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • 6 Cara Melebatkan Rambut Bayi, Jangan Panik Lagi, Mam!

    July 01, 2024 3 min read

    Meski terkadang membuat Mama panik, kerontokan rambut pada bayi termasuk hal wajar. Namun tenang saja, berikut ini beberapa cara untuk melebatkan rambut bayi dengan mudah. 


    Rambut bayi dari hari ke hari semakin rontok, Mam? Wajar kalau si kecil mengalami kondisi tersebut, karena rambut bayi lahir atau yang dikenal dengan velus sifatnya masih sementara. Pada umumnya, rambut rontok disebabkan oleh perubahan hormon ketika lahir atau karena kebiasaan tertentu. Namun tenang saja, Mama bisa melakukan beberapa cara untuk melebatkan rambut bayi.

    Sebagai tambahan informasi, tebal tipisnya rambut bayi sebenarnya dipengaruhi oleh genetik. Kalau kedua orang tua si kecil rambutnya tipis, kemungkinan rambut bayi yang berambut tipis. Penyebab rambut rontok selengkapnya dapat Mama temukan di artikel “Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bayi Rontok”, ya!

    Meskipun rambut bayi mudah rontok, Mama tidak perlu cemas berlebih. BabyCenter mengatakan, rambut bayi akan tumbuh lagi pada usia 6-12 bulan. Selain itu, Mama dapat mengusahakan beberapa cara untuk melebatkan rambut bayi.

    Informasi selengkapnya, simak di bawah ini, ya!

     

    Rajin Mencuci Rambut Bayi 

    Salah satu cara melebatkan rambut bayi dengan mencuci rambutnya. Paling tidak, Mama memberikan sampo si kecil setiap 2-3 kali seminggu atau tergantung aktivitasnya. Namun, pastikan Mama memberikan jeda 1 hari supaya kelembapan alami kulit kepala tidak rusak.

     

    Jaga Kebersihan Kulit Kepala

    Cara melebatkan rambut bayi berikutnya dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Kalau menggunakan shampo, pastikan tidak ada kandungan alkohol dan tidak pedih di mata si kecil. Hindari juga produk yang mengandung sabun berlebihan. 

    Kalau si kecil punya kerak di kulit kepala bagaimana? Mintly sarankan untuk memijat kulit kepala dengan lembut dan gerakan berputar, ya!

     

    Pakai Kondisioner

    Setelah membilas sampo, Mama dapat memberikan kondisioner untuk rambut si kecil. Kondisioner umumnya mengandung bahan pelembap yang dapat menggantikan kelembapan yang hilang ketika memakai sampo. Tidak heran kalau cara ini dapat melebatkan rambut bayi, menguatkan akar rambut, sekaligus mengurangi kerusakan. 

    Cara pakai kondisioner bagaimana? Mama dapat mengoleskan cairan tersebut pada seluruh rambut bayi. Tunggu beberapa menit, lalu bilas pakai air hangat lagi. Berikutnya tinggal keringkan saja pakai handuk, Mam!

     

    Pilih Handuk yang Tepat

    Jarang disadari banyak orang tua, salah memilih handuk dapat membahayakan kulit kepala si kecil. Healthline menyebutkan, hindari handuk berbahan kasar karena dapat merusak folikel rambut muda dan menghambat pertumbuhan rambut. Solusinya, Mama dapat menggunakan handuk lembut dan mengeringkan secara pelan-pelan, ya!


    Perhatikan Pola Makan Bayi

    Mama sudah tahu belum kalau menjaga pola makan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan rambut bayi? Dilansir dari laman Healthline, makanan yang mengandung zat besi dapat membawa darah dan oksigen ke folikel rambut, hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

    Tidak hanya zat besi, kandungan vitamin A, vitamin D, seng, dan protein turut mendukung pertumbuhan rambut si kecil. Itulah mengapa, kalau si kecil sudah berumur 6 bulan dan mulai MPASI, Mama dapat memberikan makanan bergizi, mulai dari labu, wortel, telur, kacang polong, daging, hingga buah mentega. 

     

    Oleskan Hair Serum

    Selain memberikan makanan bergizi, berikan juga minyak rambut atau hair serum untuk bayi. Mama dapat memilih minyak rambut yang mengandung gingseng atau kemiri alami. Cara melebatkan rambut pakai hair serum cukup mudah, Mama tinggal mengoleskan minyak ke rambut yang sudah kering tanpa perlu membilas lagi. 

     

    Gently Hair Serum untuk Melebatkan Rambut

    Mama sudah tahu belum sih rekomendasi hair serum untuk melebatkan rambut bayi? Mintly sarankan Mama mempercayakan Gently Hair Serum untuk menutrisi dan merawat kulit kepala si kecil.

    Gently Hair Serum mengandung ekstrak kemiri dan ginseng yang dapat meningkatkan kepadatan helai rambut si kecil. Pemakaian minyak rambut bayi ni cukup mudah, lo! Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, Mama tinggal menyemprotkan hair serum saja. Bahkan, untuk hasil yang lebih maksimal, Mama dapat menggunakan setiap hari. 


    Kalau sudah ada yang tepat, tidak perlu berlama-lama lagi, Mam! Langsung saja dapatkan Genlty Hair Serum di sini, yuk!



    Sumber:

    https://www.webmd.com/baby/why-are-some-babies-born-with-a-lot-of-hair

    https://www.babycenter.com/baby/bathing-body-care/when-will-the-hair-on-my-babys-head-start-growing-in_10007

    https://www.healthline.com/health/baby/how-to-make-baby-hair-grow#nutrition