0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Bayi Demam Sering Rewel? Ketahui Penyebab hingga Pertolongannya

    June 28, 2024 4 min read

    Tidak perlu khawatir berlebih kalau bayi demam. Meski sering terjadi pada bayi, kondisi ini termasuk hal normal yang bisa langsung kita atasi. Makanya, simak pertolongan pertama demam di sini!


    Demam pada bayi sering membuat orang tua khawatir. Bagaimana tidak? Demam membuat si kecil rewel, tidak bisa tidur, dan terkulai lemas. Tak heran kalau orang tua berusaha mencari cara agar demam cepat turun, termasuk mengobati secara mandiri di rumah. 


    Sebelum mengobati bayi di rumah, alangkah baiknya Mama mengetahui penyebab demam dan pertolongan yang aman di sini. Simak penjelasan Mintly di bawah ini, ya!

    Apa itu Demam?

    Demam pada bayi adalah tanda sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. IDAI mengatakan, suhu tubuh normal bayi sekitar 36,5°C hingga 38°C. Kalau si kecil mengalami peningkatan suhu badan atau lebih dari 38°C, artinya si kecil mengalami demam. 


    Demam pada bayi pasti ada alasannya, Mam! Kids Health mengatakan, demam disebabkan oleh suhu ekstrim, pakaian tidak sesuai kondisi lingkungan, imunisasi, hingga tumbuh gigi. Makanya, demam termasuk hal umum yang dialami si kecil, Mam!


    Hal yang Perlu Mama Khawatirkan saat Demam

    Pada umumnya demam termasuk hal normal yang tidak perlu kita khawatirkan berlebih. Namun, pada kondisi tertentu, demam pada bayi harus mendapat pertolongan serius dari dokter atau unit gawat darurat. 


    Demam dianggap serius kalau terjadi karena hal ini:

    • Bayi muntah dan diare
    • Suhu badan terlalu panas hingga sesak napas dan kejang
    • Tidak buang air kecil selama beberapa jam
    • Mulut kering
    • Nafsu makan menurun
    • Bayi dibawah 3 tahun suhu di atas 38°C
    • Terlihat tidak bersemangat saat diajak main

    Apabila Mama merasa demam pada bayi sudah tidak normal, Mama dapat memeriksakan ke dokter langsung, ya! Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan tes darah atau urine untuk mengetahui ada tidaknya infeksi, seperti pneumonia atau meningitis. 



    Mengukur Suhu Tubuh Si Kecil

    Kapan kita bisa menyebut bayi demam? Mama dapat mengukur suhu badan si kecil dengan termometer ini.

    • Termometer probe digital: digunakan secara oral atau di bawah ketiak si kecil. Pada bayi usia kurang dari 3 bulan sebaiknya menggunakan di bawah ketiak.
    • Termometer telinga digital: alat ini dapat kita gunakan untuk mengukur suhu di dalam liang telinga. Disarankan, alat ini hanya dipakai untuk bayi di atas 6 bulan.
    • Termometer infrared: Alat ini digunakan untuk mengukur tubuh si kecil dengan hasil yang cepat dan tepat tanpa harus bersentuhan dengan kulit. Makanya, alat ini dapat mengurangi penularan virus atau bakteri.

    Sekedar tips untuk Mama, saat menggunakan termometer pastikan tidak banyak gerakan, ya! Hal tersebut untuk menjaga kestabilan pengukuran suhu badan.


    Penyebab Bayi Demam

    Mungkin Mama sudah tidak asing lagi apa penyebab bayi demam. Demam biasa terjadi karena sistem kekebalan tubuh si kecil melawan infeksi, entah itu bakteri atau virus. Lebih dari itu, berikut ini beberapa penyebab demam.


    • Infeksi virus flu, roseola, corp, atau saluran pernapasan
    • Infeksi telinga
    • Infeksi pneumonia
    • Infeksi saluran kemih

    Pertolongan Pertama saat Bayi Demam

    Setelah mengetahui suhu badan bayi, baiknya Mama langsung melakukan pertolongan pertama saja. Berikut ini beberapa cara yang bisa Mama lakukan:


    • Kompres Bayi

    Salah satu cara mengatasi bayi demam adalah mengompres dengan kain bersih. Mama hanya perlu merendam kain di dalam air hangat, peras kain, lalu lipatkan di area paha, ketiak, dahi, atau leher si kecil.


    • Berikan ASI yang Cukup

    Tak kalah penting, untuk menurunkan demam bayi Mama perlu memberikan ASI yang cukup. Selain mencukupi kebutuhan cairan, ASI mengandung antibodi yang dapat melindungi si kecil dari penyakit berbahaya.


    • Berikan Pakaian yang Nyaman

    Untuk menurunkan demam bayi, Mama dapat memberikan pakaian yang nyaman dan sejuk. Berikan juga selimut tipis agar si kecil tidak kedinginan dan suhu tubuhnya bisa turun perlahan-lahan.


    • Memandikan Air Hangat

    Ketika bayi demam, jangan sekali-kali memandikan pakai air dingin karena bisa memperparah demam. Mintly sarankan, Mama memandikan bayi pakai air hangat agar demam segera turun.


    • Jaga Suhu Kamar

    Supaya demam bayi segera turun, Mama dapat  menjaga suhu kamar tetap sejuk. Gunakan kipas atau AC yang tidak langsung mengarah langsung ke kulit bayi, tapi tetap memberikan efek sejuk.


    • Istirahatkan Bayi

    Mengingat sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sekuat orang dewasa, ketika demam jangan mengajaknya bepergian jauh dulu, Mam! Pastikan Mama memberikan banyak waktu untuk istirahat atau tidur. Hindari juga si kecil bertemu banyak orang agar suhu tubuhnya cepat normal.


    Kapan Mama harus mencari bantuan medis? Kalau bayi usia 3 bulan demam meski tidak menunjukkan tanda-tanda darurat. Tidak hanya itu saja, untuk bayi 12 bulan yang tidak membaik sampai 48 jam, sebaiknya langsung bawa ke dokter saja, ya! 


    Gently Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

    Setelah mengetahui pertolongan pertama pada bayi demam, Mama tidak perlu khawatir berlebih lagi. Kuncinya tetap tenang dan memberikan perawatan yang terbaik untuk si kecil. Termasuk, memberikan produk perawatan yang dapat menghangatkan sekaligus menenangkan kulit si kecil.


    Salah satu produk perawatan bayi yang dapat Mama sediakan di rumah adalah Gently. Rangkaian produk dari Gently memiliki formula lembut dan didominasi oleh bahan alami yang berkualitas premium, serta sudah teruji secara klinis. Pemakaian Gently secara rutin dapat menghindari si kecil dari kulit kering, ruam, dan iritasi. Ketika si kecil demam, Gently dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh si kecil. 


    Gently mengerti dan ingin menjawab kebutuhan Mama untuk menemani tumbuh kembang si kecil di masa golden age. Demi kebahagian si kecil, ketahui dan dapatkan produk Gently di sini! 




    Sumber:

    https://kidshealth.org/en/parents/fever.html

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/fever-in-babies

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/324660#common-causes

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/demam-kapan-harus-ke-dokter

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/demam-kapan-harus-ke-dokter

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/324660#common-causes