0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Jam Tidur Bayi Baru Lahir Sampai 12 Bulan, Tergantung Kebutuhan?

    June 28, 2024 3 min read

    Tak hanya jam tidur bayi dan orang dewasa saja yang dibedakan. Ternyata setiap usia bayi memiliki waktu tidur masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak di sini!


    Siapa yang mengira jam tidur bayi sama seperti orang dewasa? Ini kurang tepat, ya Mam! Bayi baru lahir sampai usia 12 bulan membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mengingat, saat tidur tubuh si kecil akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.  


    Lantas, berapa lama jam tidur bayi yang dianjurkan ahli kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

    Jam Tidur Bayi Sesuai Usia

    Rata-rata bayi baru lahir memang lebih sering tidur. Mereka akan menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur, karena si kecil belum bisa membedakan siang dan malam. Nah, berikut ini jam tidur bayi menurut Stanford Medicine Children'S Health. 

    Bayi Baru Lahir

    Waktu yang dibutuhkan bayi baru lahir adalah 16 jam. Pada malam hari si kecil bisa tidur 8-9 jam, lalu di siang hari 8 jam. Meskipun si kecil lebih banyak tidur, Mama dapat membangunkannya untuk minum ASI. Menurut Healthline, pada usia 10-14 hari berat badan si kecil kembali ke berat lahir, sehingga Mama perlu membangunkannya untuk makan. 

    Usia 1-2 Bulan

    Pada usia 1-2 bulan, si kecil lebih merespon terang dan gelap daripada rasa lapar. Jam tidur yang bayi butuhkan di malam hari sekitar 8-9 jam lalu di siang hari sekitar 7 jam. Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 15,5 jam.

    Usia 3-5 Bulan

    Memasuki usia 3 bulan si kecil akan memasuki siklus tidur nyenyak. Pada usia ini durasi tidur malam hari lebih banyak atau sekitar 9-10 jam, di siang hari sekitar 4-5 jam. Kalau ditotal, jumlah jam tidur bayi 3 bulan sekitar 15 jam, Mam!

    Usia 6-9 Bulan

    Seiring pertumbuhan si kecil Mama semakin mudah mengetahui pola tidurnya. Biasanya jam tidur bayi usia 6-9 bulan adalah 14 jam. Pada malam hari si kecil akan tidur 10-11 jam. Di siang hari si kecil akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar tengkurap atau merangkak, makanya waktu tidur siang yang dibutuhkan sekitar 3-4 jam.

    Usia 10-12 Bulan

    Jam tidur bayi usia 10-12 bulan masih sama seperti sebelumnya, atau sekitar 14 jam sehari. Menurut Pregnancy Birth Baby, pada usia ini perkembangan fisik, emosional, dan sosial bayi semakin meningkat. Akibatnya, durasi tidur siang si kecil lebih pendek atau sekitar 3 jam. Sementara, jam tidur malam si kecil lebih panjang atau sekitar 11 jam. 


    Nah, itu tadi jam tidur yang dibutuhkan bayi. Untuk memastikan si kecil tidur berkualitas, pastikan Mama memperhatikan posisi tidur si kecil. Termasuk menghindari posisi tengkurap dan miring terlalu lama, karena hal tersebut meningkatkan risiko SIDS. Penjelasan lebih lengkapnya ada di artikel “Usia Bayi Tidur Tengkurap, Bagaimana Melatihnya?” ya, Mam!

    Gently Calming Baby Cream untuk Tidur Nyenyak

    Setelah mengetahui jam tidur si kecil, pasti Mama tidak bingung lagi sekarang kalau si kecil menghabiskan banyak waktunya untuk bobok. Untuk mendukung kualitas tidur si kecil,  Mintly sangat merekomendasikan produk baby calming yang dapat memberi kehangatan dan kenyamanan si kecil saat tidur. 


    Sebagai produk calming cream no.1 yang terjual di Shopee, Gently Calming Baby Cream mengandung peppermint, lavender, dan aloevera yang dapat menghangatkan tubuh sekaligus memberi aroma terapi yang menenangkan. Apalagi kalau si kecil cemas atau rewel di malam hari, Mama tinggal oleskan baby cream ini saja. 


    Tak perlu takut kulit si kecil infeksi atau kemerah-merahan, produk dari Gently ini sangat lembut dan aman untuk kulit sensitif si kecil, Mam. 


    Ketahui dan dapatkan Gently Calming Baby Cream di sini!


    Sumber:

    https://www.healthline.com/health/parenting/baby-sleep-schedule#sleep-tips

    https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=infant-sleep-90-P02237

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sleep-patterns-for-babies

    https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh