0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Bayi Susah Tidur Bikin Panik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    June 28, 2024 3 min read

    Bayi susah tidur di malam hari adalah hal yang wajar terjadi. Daripada membuat Mama panik dan frustasi sendiri, lebih baik simak penyebab dan cara mengatasinya di sini!


    Setiap orang tua pasti tidak tenang kalau si kecil insomnia atau susah tidur di malam hari. Mengingat kurang tidur menyebabkan si kecil rewel, tidak mau makan, dan sulit ditenangkan. Terkadang hal ini juga mempengaruhi mood dan energi Mama ketika mengurus si kecil, bukan?


    Perlu Mama ketahui, bayi susah tidur termasuk hal yang wajar terjadi, khususnya pada 1 tahun awal kehidupannya. Hal tersebut karena si kecil belum bisa menyampaikan apa yang dia rasakan dan inginkan. Penyebab lain karena adanya rasa tidak nyaman atau gangguan medis tertentu. Makanya, Mama bisa menyimak penjelasan di bawah ini, ya!

    Penyebab Bayi Susah Tidur

    Penyebab bayi sulit tidur, khususnya new born biasanya karena sulit membedakan waktu siang dan malam hari. Namun, hal tersebut berangsur-angsur akan membaik seiring pertambahan usia. Nah, berikut ini beberapa hal lain yang menyebabkan si kecil susah tidur di malam hari. 

    Bayi Lapar

    Penyebab bayi susah tidur biasanya karena rasa lapar. Khususnya pada bayi 6 bulan yang intensitas makannya lebih banyak. Menurut Medical News Today, ketika bayi lapar dia akan menunjukkan beberapa isyarat, seperti memukul bibir, menjulurkan lidah, menghisap tangannya sendiri. Jadi, kalau Mama melihat si kecil terbangun karena lapar, segera berikan susu pada si kecil, ya!

    Bayi Tidak Enak Badan

    Terkadang, bayi susah tidur karena merasa tidak enak badan. Menurut Healhtline, ketika bayi pilek, sembelit, atau kembung dia akan terbangun di malam hari. Terkadang, masalah kesehatan ini diikuti kepala pusing atau badan demam. Kalau Mama merasa curiga dengan kesehatan si kecil, Mama dapat konsultasi ke dokter, ya! 

    Bayi tidak Nyaman dengan Suara Bising

    Bayi biasanya lebih sensitif dengan suara bising karena sistem pendengarannya masih dalam tahap perkembangan. Terkadang, dia mempunyai refleks yang membuat si kecil terkejut saat ada suara bising atau orang ramai-ramai. Makanya, orang tua perlu mengkondisikan lingkungan saat si kecil mau tidur. 

    Jauh dari Orang Tua

    Percaya atau tidak, bayi itu punya ikatan dengan orang tuanya? Baru saja kita meninggalkan kamar, si kecil sudah terbangun lagi. Makanya, American Academy of Pediatrics merekomendasikan Mama dan si kecil tidur di kamar yang sama, tapi beda tempat tidur. Hal tersebut agar si kecil merasakan keberadaan Mama di dekatnya. 

    Mengatasi Bayi Susah Tidur

    Pertanyaanya, bagaimana cara mengatasi bayi susah tidur? Tenang saja, berikut ini Mintly bagikan beberapa tips untuk Mama. 

    1. Mengajarkan Siang dan Malam

    Seperti yang kita tahu, bayi baru lahir biasanya belum bisa membedakan siang dan malam. Namun tenang saja, di siang hari Mama dapat membuka tirai kamar agar ada cahaya yang masuk. Ajak juga si kecil untuk bermain dan bernyanyi.


    Sementara, di malam hari Mama dapat memberikan pencahayaan yang lebih redup, pelankan suara, dan menidurkan si kecil setelah mengASIhi. Hindari mengajak si kecil bermain pada malam hari. Jadi, dia bisa tidur lebih lelap, Mam!

    2. Membuat Rutinitas Menjelang Tidur

    Tak kalah penting, Mama dapat membuat rutinitas harian menjelang tidur. Misalnya, 1 jam sebelum tidur mengganti popok, membacakan dongeng, memutarkan musik, atau memberi pijatan yang lembut.

     

    Baby Centre mengatakan, pijatan rutin memberi relaksasi dan membantu ritme sirkadian si kecil. Akan lebih baik lagi kalau Mama mencoba pijatan yang lembut, seperti tekni ILU bagi si kecil. Teknik ILU selengkapnya dapat Mama temukan pada artikel “Ini 5 Cara Singkat Mengatasi Kolik pada Bayi”.


    Gently Calming Baby Cream untuk Bayi Sulit Tidur

    Tidak perlu khawatir kalau si kecil susah tidur. Mulai sekarang, Mama dapat menggunakan produk cream penghangat yang dapat membuat si kecil tidur nyenyak. Mintly merekomendasikan Calming Baby Cream yang mengandung peppermint oil dan ekstrak lavender yang memberi efek tidur lelap. 


    Cara pemakaian calming baby cream sangat mudah. Cukup usapkan butiran cream pada perut atau punggung bayi searah jarum jam secara merata, lalu berikan pijatan hangat. Efek hangat produk dan pijatan yang menenangkan dapat membuat si kecil semakin lelap. Sehingga Mama tidak perlu cemas berlebih lagi!

    Segera dapatkan Gently Calming Baby Cream di sini, yuk! 





    Sumber:

    https://publications.aap.org/pediatrics/article/138/5/e20162938/60309/SIDS-and-Other-Sleep-Related-Infant-Deaths-Updated?autologincheck=redirected

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/baby-wont-sleep#other-reasons

    https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-not-sleeping#baby-needs-you

    https://www.babycentre.co.uk/x1043269/will-massage-help-my-baby-sleep