0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Berapa sih Berat Badan Normal Bayi Baru Lahir?

    June 28, 2024 2 min read

    Selama hamil, Mama perlu memperhatikan berat badan bayi baru lahir. Hal ini untuk mengetahui normal tidaknya tumbuh kembang si kecil. Lantas, berapa normalnya berat badan si kecil? Simak langsung di sini!


    Menurut data dari UNESCO, angka bayi lahir berat badan rendah (BBLR) di dunia cukup tinggi atau sekitar 14,7%.  Parahnya, bayi pada kondisi ini rentan mengalami gangguan kecerdasan, bayi stunting, hingga meninggal dunia di satu bulan pertama kehidupannya. Mama pasti tidak ingin hal ini terjadi kan?

    Demi mendukung tumbuh kembang si kecil pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK), Mama dapat memperhatikan berat badan ideal si kecil. Menurut IDAI, kita perlu memantau tumbuh kembang anak untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pertumbuhan.

    Supaya Mama tidak bingung lagi, simak penjelasan tentang berat badan bayi baru lahir di sini, ya!

     

    Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Normal

    Mama sudah tahu belum berapa berat badan normal saat bayi baru lahir? Dikutip dari laman Parents, berat badan bayi baru lahir sekitar 2,7 kg sampai 3,9 kg. Untuk tingginya sendiri sekitar 47,5 cm sampai 52,5 cm. 

    Sementara, IDAI mengelompokkan berat badan bayi lahir rendah menjadi 3, yakni sebagai berikut. 

    • BBLR (bayi berat lahir rendah) : <2,5 kg
    • BBLSR (bayi berat lahir dangat rendah) : <1,5 kg
    • BBLASR (bayi berat lahir amat sangat rendah) : < 1 kg

    Sebagai tambahan informasi, BBLR sering terjadi karena prematur atau lahir sebelum minggu ke-37. Bagi Mama yang ingin tahu lebih lanjut soal prematur, silahkan simak di artikel "Bayi Prematur: Penyebab, Tanda, Cara Merawat, dan Pencegahan".

     

    Tips Berat Badan Bayi Lahir Normal

    Setiap ibu pasti ingin bayi lahir dengan berat badan normal atau ideal. Namun ternyata, berat badan bayi dalam kandungan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, usia ibu, usia kehamilan, jumlah janin yang dikandung, kondisi diabetes, hingga penyakit bawaan ibu. 

    Sekarang, bagaimana agar bayi lahir dengan berat badan normal? Mintly sarankan, Mama mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging merah, susu, hingga kacang-kacangan. 

    Selain memperhatikan pola makan, Mama juga perlu melakukan olahraga rutin. Tidak perlu yang berat-berat, kok. Mama cukup lari pagi atau senam untuk membakar kalori dan lemak. Dengan begitu, lemak dan kalori di tubuh tidak menambah berat badan ibu hamil. 

    Tidak boleh lupa, pastikan Mama melakukan kontrol rutin untuk mengetahui perkembangan janin. Kalau berat badan terlalu rendah, Mama dapat memperbaiki pola makan dan aktivitas fisik. Semoga bisa dipahami, ya, Mam!

     

    Gently Menemani Tumbuh Kembang Anak

    Setelah mengetahui berat badan ideal bayi baru lahir, waktunya Mama memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Selain memperhatikan pola makan selama kehamilan, siapkan juga produk perawatan yang akan menemani tumbuh kembang si kecil saat sudah lahir nanti. 

    Mintly perkenalkan, Gently sebagai produk perawatan yang aman untuk bayi baru lahir hingga anak-anak. Genlty mengandung formula lembut dan dominasi bahan alami, tak heran kalau rangkaian produk ini dapat melindungi kulit si kecil dari iritasi, ruam, hingga kering. Tak heran jika pemakaian rutin dapat membuat si kecil tidak gampang rewel, sehat, dan semakin terlindungi. 

    Menariknya lagi, Gently sudah teruji secara klinis, baik non hypoallergenic, non toxic, halal, hingga BPOM. Makanya, demi kebahagian si kecilketahui dan dapatkan produk Gently di sini!



    Sumber:
    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-asi-pada-bayi-lahir-kurang-bulan
    https://data.unicef.org/topic/nutrition/low-birthweight/
    https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
    https://www.parents.com/first-year-infant-growth-chart-8546333#citation-12