0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Berat Badan Ideal Bayi, Perhatikan Baik-baik, Mam!

    June 28, 2024 2 min read

    Salah satu tanda tumbuh kembang si kecil adalah pertambahan berat badannya. Untuk mendukung kesehatan si kecil, Mama perlu mengetahui daftar berat badan ideal bayi. Selengkapnya ada di bawah ini, ya!


    Sama seperti orang dewasa, bayi juga punya berat badan ideal. Angka ideal ini kita perlukan untuk mengetahui normal tidaknya tumbuh kembang si kecil. Mengingat masa golden age menentukan kesehatan si kecil di masa mendatang.

    Pertanyaannya, kapan kita harus memantau tumbuh kembang si kecil? IDAI mengatakan, dari si kecil di kandungan sampai usia 2 tahun disebut 1000 hari pertama kehidupan (HPK) bayi. Pada masa ini, pembentukan organ dan otak bergantung pada nutrisi si kecil.

    Demi kesehatan si kecil di masa mendatang, simak penjelasan seputar tumbuh kembang si kecil, yuk!


    Berat Badan Ideal Bayi

    Seperti yang dikutip dari Parents, WHO sudah menetapkan berat badan ideal bayi baru lahir sampai usia 2 tahun. Berikut ini detail berat badannya.


    • Bayi Baru Lahir

    Berat badan ideal bayi baru lahir adalah 2,7 kg sampai 3,9 kg, dengan tinggi 47,5 sampai 52,5 cm. Pada satu minggu pertama biasanya si kecil mengalami penyusutan berat badan. Parents mengatakan, bayi yang minum ASI ekslusif beratnya akan turun 10%, sementara bayi yang minum susu formula turun 5%.  Tapi tenang saja, berat si kecil akan kembali ke posisi semula pada usia 2 mingguan.


    • Bayi 2 Bulan

    Memasuki usia 2 bulan, berat badan si kecil terus bertambah. Kenaikannya kurang lebih 0,4 - 0,9 kg. Berat badan ideal bayi perempuan sekitar 5,2, sedangkan berat badan bayi laki-laki 5,6 kg.


    • Bayi 4 Bulan

    Pada usia 4 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki sekitar 7 kg. Sementara berat badan bayi perempuan sekitar 6,4 kg.


    • Bayi 6 Bulan

    Seiring pertambahan usia, berat badan bayi akan terus bertambah. Pada usia 6 bulan, berat badan ideal bayi perempuan adalah 7,3 kg, sedangkan berat badan bayi laki-laki 7,9 kg.


    • Bayi 12 Bulan

    Setelah memasuki 12 bulan, pertambahan berat badan si kecil sedikit melambat. Rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki usia 1 tahun adalah 9,6 kg, sementara bayi perempuan adalah 8,9 kg.


    • Bayi 18 Bulan

    Pada usia 18 bulan, berat badan bayi perempuan sekitar 8,1 sampai 11,6 kg. Sementara, berat badan bayi laki-laki adalah 8,8 sampai 12,2 kg.


    • Bayi 24 Bulan

    Siapa yang tidak sabar menunggu si kecil usia 24 bulan? Pada usia ini, berat badan anak laki-laki 9,7 sampai 13,6 kg, sementara berat anak perempuan 9 sampai 13 kg.


    Nah, sudah tahu perbedaan berat badan ideal bayi di setiap usianya kan? Simpan baik-baik, ya, Mam!



    Gently Menemani Tumbuh Kembang Anak

    Setiap Mama pasti ingin memberikan nutrisi terbaik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Selain memberikan makanan bergizi, jangan lupa memperhatikan perawatan tepat untuk si kecil, Mam. Salah satunya, memberi produk perawatan untuk kulit sensitif si kecil. 

    Salah satu brand perawatan yang aman digunakan oleh bayi hingga anak-anak adalah Gently. Dengan formula lembut dan dominasi bahan alami, Gently dapat melindungi kulit si kecil dari iritasi, ruam, hingga kering. Tak heran jika pemakaian rutin dapat membuat si kecil tidak gampang rewel, sehat, dan semakin terlindungi. 

    Menariknya lagi, Gently sudah teruji secara klinis, baik non hypoallergenic, non toxic, halal, hingga BPOM. Makanya, demi kebahagian si kecilketahui dan dapatkan produk Gently di sini!



    Source:
    https://www.medicalnewstoday.com/articles/325630
    https://www.parents.com/first-year-infant-growth-chart-8546333#:~:text=Most%20full%2Dterm%20healthy%20newborns,13%20ounces%20(4.0%20kg).
    https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1