0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Mama Tidak Perlu Panik, Ini Cara Menurunkan Demam pada Bayi

    June 28, 2024 2 min read

    Demam adalah tanda tubuh bayi melawan infeksi. Tidak perlu langsung cemas, Mama dapat melakukan beberapa perawatan di rumah untuk menurunkan demam pada bayi. Simak selengkapnya di sini!


    Namanya bayi pasti rentan terkena demam daripada orang dewasa. Hal ini karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna. Apalagi, demam yang tidak segera kita atasi  menyebabkan si kecil rewel, lemas, dan sulit tidur. Itulah mengapa, Mama perlu mengetahui cara tepat menurunkan demam pada bayi.

    Perlu Mama ketahui, IDAI mengkategorikan demam kalau suhu tubuh si kecil lebih dari 38°C, karena suhu normal si kecil 36,5°C- 37°C. Untuk mengetahui suhu badan si kecil, pastikan Mama mengukur suhu dengan termometer di mulut, lipatan ketiak, telinga, atau dubur biar lebih akurat.


    Lantas, bagaimana cara menurunkan demam pada bayi? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

     

    Penyebab Demam pada Bayi

    Sebelumnya, Mama sudah tahu penyebab demam pada bayi? Dikutip dari laman WebMD, demam pada bayi bisa terjadi karena flu, infeksi virus, infeksi telinga, infeksi bakteri, sampai meningitis. Penyebab yang lain dapat Mama temukan pada artikel "Bayi Demam sering Rewel? Ketahui Penyebab hingga Pertolongannya".

     

    Cara Menurunkan Demam pada Bayi

    Ibu mana yang tidak cemas kalau si kecil mengalami demam? Berikut ini beberapa cara untuk menurunkan demam pada bayi.

     

    Menjaga Suhu Kamar

    Salah satu cara menurunkan demam pada bayi adalah menjaga suhu kamar tetap sejuk. Mama dapat mengatur kipas atau AC pada suhu sejuk. Namun, pastikan angin yang keluar tidak langsung menerpa si kecil, ya!

     

    Pilih Pakaian yang Tepat

    Cara menurunkan demam pada bayi berikutnya dengan memilih pakaian yang tepat. Mama dapat memberikan si kecil baju yang ringan dan berbahan dingin, sehingga si kecil tetap nyaman saat tidur.

     

    Mandikan Pakai Air Hangat

    Daripada memandikan bayi pakai air dingin lebih baik pakai air hangat. Dikutip dari Healthline, air dingin menyebabkan si kecil menggigil dan meningkatkan suhu tubuh. Sementara, air hangat bisa menjaga suhu tubuh si kecil. 

     

    Berikan ASI  

    MengASIhi termasuk cara tepat untuk menurunkan demam pada bayi. Menurut WebMD, cairan dari ASI dapat menghindari si kecil dari dehidrasi. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi untuk melawan virus dan penyakit. 

     

    Mengistirahatkan Si Kecil

    Supaya si kecil lekas sehat dan beraktivitas kembali, Mintly sarankan Mama untuk mengistirahatkan si kecil. Berikan dia waktu untuk tidur siang dan tidur malam lebih banyak. Hindari juga bertemu orang lain atau mengajaknya bepergian ke luar, ya!


    Itu tadi beberapa cara menurunkan demam pada bayi. Kalau pertolongan tersebut tidak membantu si kecil, Mama dapat membawa ke dokter agar mendapat penanganan tepat, ya!

    Gently untuk Menemani Tumbuh Kembang Bayi

    Setelah mengetahui cara tepat menurunkan demam pada bayi, kini Mama tidak perlu cemas lagi. Kuncinya tetap tenang dan memberikan perawatan yang terbaik untuk si kecil. Termasuk, memberikan produk perawatan yang dapat menghangatkan sekaligus menenangkan kulit si kecil.

    Mintly sarankan produk perawatan bayi yang dapat Mama sediakan di rumah adalah Gently. Rangkaian produk dari Gently memiliki formula lembut dan didominasi oleh bahan alami yang berkualitas premium, serta sudah teruji secara klinis. Pemakaian Gently secara rutin dapat menghindari si kecil dari kulit kering, ruam, dan iritasi. Ketika si kecil demam, Genlty dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh si kecil. 

    Gently mengerti dan ingin menjawab kebutuhan Mama untuk menemani tumbuh kembang si kecil di masa golden age. Demi kebahagian si kecil, ketahui dan dapatkan produk Gently di sini!



    Sumber:
    https://www.webmd.com/parenting/baby/fever-in-babies
    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/demam-kapan-harus-ke-dokter 
    https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-bring-down-baby-fever#treatment