0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Mama Wajib Tahu: Kandungan dan Manfaat Minyak Rambut Bayi!

    March 01, 2024 4 min read

    Menumbuhkan rambut bayi tak cukup dengan sampo saja. Mama perlu menambahkan minyak rambut agar lebih cepat lebat dan sehat. Mama sudah memilih minyak rambut yang tepat untuk bayi?

    Rambut bayi tumbuh lebat dan kuat pasti jadi keinginan setiap Mama bukan? Sayangnya, tak sedikit orang tua memilih cukur rambut si kecil sampai gundul dengan harapan lekas tumbuh subur. Padahal, WebMD mengatakan, mencukur rambut bayi tidak berpengaruh apapun pada folikel si kecil. Makanya, jangan heran kalau rambut si kecil tidak ada perubahan, Mam! 

    Masih dari laman yang sama, rambut bayi akan tumbuh sesuai genetiknya setelah menginjak usia 1 tahun. Nantinya, rambut si kecil akan tumbuh keriting, lurus, atau bergelombang. Begitu juga dengan warna rambut bayi, ada yang berwarna hitam atau cokelat. 

    IDAI mengatakan, hal yang lebih penting dari mencukur adalah merawat rambut si kecil. Mama dapat menjaga kebersihan kulit kepala bayi dan keramas setiap 2-3 kali seminggu. Gunakan juga minyak rambut untuk merawat kulit kepala dan rambut si kecil. Simak penjelasan tentang perawatan rambut si kecil, yuk!

     

    Manfaat Minyak Rambut

    Mungkin Mama bertanya-tanya, apa manfaat minyak rambut untuk bayi? Dilansir dari laman Heathline, baby oil yang tidak mengandung  bahan kimia berbahaya seperti paraben, pewarna, ftalat, dan pewangi dapat kita gunakan sebagai penumbuh rambut bayi. Berikut ini beberapa manfaat minyak rambut pada bayi:
    • Melembapkan Rambut

    Salah satu manfaat minyak rambut adalah untuk menjaga kelembapan rambut. Baby oil akan mengunci kelembapan alami saat mengeringkan rambut. Selain itu, baby oil dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat angin dan sinar matahari.

    • Meredakan Masalah Kulit Kepala

    Tak kalah penting, baby oil dapat meredakan masalah kulit kepala seperti cradle cap. Iritasi kepala pada bayi ini mirip seperti ketombe dan bentuknya seperti bersisik. Namun tenang saja, Mama dapat mencegah cradle cap dengan baby oil.

    • Rambut semakin Kuat

    Manfaat baby oil untuk rambut adalah memberi kekuatan agar rambut tidak mudah rontok. Mengingat, rambut bayi baru lahir mudah rapuh karena perubahan hormon. Oleh karena itu, Mama dapat menggunakan minyak rambut bayi setelah keramas.

     

    Kandungan Minyak Rambut

    Sebagai orang tua kita harus mengetahui kandungan minyak rambut yang baik untuk si kecil. Pada umumnya, berikut ini kandungan yang terdapat dalam minyak rambut:

    • Vitamin E

    Siapa yang tidak kenal kandungan vitamin E? Kandungan ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut si kecil dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. 

    Kandungan vitamin E juga dapat melembapkan kulit kepala dengan baik. Maka dari itu, kandungan ini dapat melindungi kulit kepala dari cradle cap atau sisik kuning.

    • Ekstrak Ginseng

    Ekstrak ginseng juga sering kita temukan pada minyak rambut. Dilansir dari laman National Library of Medicine , sebuah studi menemukan ekstrak ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, hal ini karena ekstrak ginseng mendorong pertumbuhan folikel rambut.

    • Beetroot

    Kandungan minyak rambut yang tak kalah penting adalah beetroot atau buah bit merah. Buah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut, diantaranya adalah potasium, zat besi, folat, vitamin A dan C, magnesium, dan kalsium. Nutrisi ini dapat merangsang folikel rambut agar lebih cepat tumbuh dan kuat.

    • Minyak Kemiri

    Kandungan baby oil yang Mintly rekomendasikan untuk Mama adalah minyak kemiri atau candlenut oil. Sekadar informasi, minyak kemiri berasal dari biji kemiri (Aleurites moluccanus) yang diekstraksi dengan teknologi khusus.

    Minyak kemiri mengandung mineral, asam lemak, protein, vitamin, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menutrisi rambut si kecil agar tumbuh lebat sekaligus memperkuat akar rambut.

    Tidak hanya itu saja, Mam! Kandungan miristat kemiri dapat menghitamkan rambut secara alami. Oleh karena itu, minyak kemiri untuk bayi membantu rambut tumbuh lebat, sehat, dan nampak indah.  


    Cara Memilih Minyak Rambut

    Seperti yang kita tahu, fungsi minyak rambut untuk bayi adalah dapat menutrisi kulit kepala dan rambut bayi. Supaya tidak salah pilih produk, berikut ini beberapa cara yang bisa Mama lakukan:

    • Pastikan Kandungan Minyak Rambut

    Perlu Mama ketahui, kulit si kecil lebih tipis dan jaringannya lebih longgar jika dibandingkan orang dewasa. Hal ini membuat Mama harus berhati-hati memilih minyak rambut bayi yang aman dan bebas dari bahan kimia seperti SLS/ SLES.

    • Lolos Uji Laboratorium

    Tips memilih minyak rambut adalah memperhatikan uji laboratorium produk. Pastikan produk telah lolos uji hypoallergenic, toxin free, BPOM, dan halal untuk memastikan keamanan dan kesehatan si kecil. Untuk memastikan produk sudah teruji, Mama dapat memperhatikan bagian label kemasan atau mencarinya di sumber terpercaya di internet, ya! 

    • Pilih yang tidak Berminyak

    Memilih minyak rambut untuk bayi tidak boleh yang teksturnya terlalu lengket atau berminyak. Hal tersebut membuat si kecil tidak nyaman. Mintly sarankan, Mama memilih produk yang ringan, mudah meresap, dan tidak perlu dibilas lagi. Dengan begitu, Mama jauh lebih mudah merawat rambut si kecil kan?


    Produk Minyak Rambut Bayi

    Pada artikel sebelumnya, Mintly sudah membahas beberapa penyebab rambut rontok pada bayi. Bagi Mama yang belum membaca, silahkan klik artikel “Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok” bayi. 

    Pertanyaanya, Mama sudah tahu produk minyak rambut yang sesuai dengan kebutuhan si kecil? Mintly rekomendasikan produk Genlty Hair Serum untuk menutrisi rambut dan kulit kepala si kecil. 

    Minyak rambut untuk bayi ini mengandung ekstrak kemiri dan ginseng yang dapat meningkatkan kepadatan helai rambut si kecil. Pemakaiannya Gently Hair Serum cukup mudah. Mama tinggal menyemprotkan hair serum tanpa perlu membilasnya lagi. Untuk hasil maksimal gunakan setiap hari, ya! 

    Tak kalah bermanfaat, Mama dapat memberikan Gently Hair Lotion Smooth Keratin untuk si kecil. Produk ini diperkaya kandungan celery, candlenut oil, dan beetroot extract yang dapat melembutkan sekaligus melebatkan rambut si kecil. Selain itu, hair lotion ini juga dapat mengatasi rambut lepek dan kusut. Makanya, rambut si kecil lebih mudah ditata, deh! 

    Berikutnya, Mama dapat menggunakan Gently Candlenut Shampoo untuk merawat rambut si kecil. Produk ini mengandung vitamin E, beet root extract, dan minyak kemiri yang baik untuk bayi. Kandungan tersebut dapat membersihkan kulit kepala dan rambut, mengatasi cradle cap, menyuburkan, sekaligus melebatkan rambut si kecil, lo! Mama pasti mau kan? 

    Demi kesehatan rambut si kecil, dapatkan produknya di sini, Mam!

     

     

    Sumber:

    https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-for-hair#purported-benefits

    https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-353/candlenut 

    https://www.emedihealth.com/skin-beauty/hair-scalp/beetroot-benefits-hair

    https://www.webmd.com/baby/why-are-some-babies-born-with-a-lot-of-hair

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kapan-rambut-bayi-harus-dicukur