0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Wajib Mama Siapkan

    February 23, 2024 3 min read

    perlengkapan mandi bayi baru lahir

    Perlengkapan mandi bayi baru lahir itu tentunya berbeda dengan orang dewasa. Setidaknya Mama harus menyiapkan sabun, sampo, waslap, perlak, hingga skincare bayi. Mama sudah menyiapkan beberapa kebutuhan ini belum?


    Saat mencari perlengkapan bayi baru lahir terkadang ada saja yang dirasa kurang. Entah karena lupa atau mengira barang tertentu kurang penting atau justru takut mubazir. Itulah mengapa, Mama perlu membuat daftar list belanja agar tidak ada kebutuhan yang terlewat. 

    Perlu Mama ketahui, memilih perlengkapan mandi bayi baru lahir tidak boleh asal-asalan. IDAI menyebutkan, meskipun struktur kulit bayi sama seperti orang dewasa, tapi imunitas si kecil belum terlindungi secara maksimal. Hal ini menyebabkan kulit bayi lebih sensitif dan harus hati-hati saat memilih perlengkapan mandi. 

    Tak kalah penting, saat mencari produk mandi, Mama harus memperhatikan label kemasan. Pastikan produk terhindar dari paraben, sulfat, maupun ftalat yang dapat mengiritasi kulit bayi. Pastikan juga produk sudah lolos tes hypoallergenic dan toxin free, ya!

     

    Baca Juga: 8 Barang Wajib Perlengkapan Bayi Baru Lahir

     

    Daftar Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir

    Tak perlu berlama-lama, berikut ini rekomendasi perlengkapan mandi yang perlu Mama siapkan menjelang kelahiran. 

    • Bak Mandi

    Mama pernah membayangkan bagaimana memandikan bayi baru lahir yang tubuhnya masih licin dan mungil? Bagi Mama yang ingin memandikan bayi lebih mudah, Mintly sarankan untuk menggunakan bak mandi. Perlengkapan untuk bayi baru lahir ini membuat si kecil lebih nyaman dan aman. Selain itu, bagian penyangga bak mandi membantu Mama agar si kecil tidak mudah jatuh dari atau terpeleset.

    • Perlak

    Perlak juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang cukup penting. Kita membutuhkannya sebagai alas saat mengganti pakaian si kecil, sehingga sisa air tidak merembes langsung ke kasur.

    Bagi Mama yang belum berani memandikan si kecil di bak mandi, kita dapat membaringkan si kecil di atas perlak. Basahi badan si kecil dengan waslap dan gunakan sedikit sabun untuk membersihkan kulitnya. Sangat bermanfaat kan, Mam?

    • Waslap

    Bayi baru lahir biasanya membutuhkan waktu sampai 7 hari agar tali pusarnya copot sendiri. Supaya tali pusar cepat kering, sebaiknya Mama menggunakan waslap untuk membersihkan tubuh bayi. Namun, pastikan Mama mengelap si kecil dengan lembut agar dia tetap merasa nyaman.

    • Handuk

    Handuk juga termasuk perlengkapan mandi bayi baru lahir yang tak boleh sampai ketinggalan. Kita membutuhkan handuk untuk menyeka sisa-sisa air setelah mandi sekaligus menghangatkan tubuh si kecil. 

    Saat ini ada banyak handuk yang motifnya  lucu-lucu dan berserat halus. Demi kenyamanan si kecil, pastikan Mama pilih handuk yang menyerap air, lembut, dan bebas bahan kimia, ya!

    • Bola Kapas

    Perlengkapan bayi baru lahir yang tak boleh kita lewatkan adalah bola kapas. Mama membutuhkan bola kapas untuk membersihkan area lipatan kulit, leher, dan wajah tanpa perlu melukainya. Selain itu, bola kapas juga kita butuhkan untuk membersihkan telinga, kotoran di mata, dan mengaplikasikan obat salep.

    • Produk Penghangat

    Tak hanya perlengkapan mandi saja yang dibutuhkan bayi baru lahir. Si kecil juga membutuhkan produk penghangat untuk memberi kenyamanan dan relaksasi. Mintly sarankan Mama menggunakan produk Gently Calming Baby Cream. 

    Produk ini mengandung lavender yang akan memberi efek hangat, sekaligus kandungan peppermint untuk memberikan efek ketenangan bagi si kecil. Oleh karena itu, Mama dapat menggunakan Gently Calming Baby 2-3 kali sehari atau setelah mandi, ya!

    • Sabun dan Sampo

    Perlengkapan mandi bayi baru lahir yang paling wajib adalah sabun dan sampo. Seperti yang kita tahu, bayi memiliki kulit yang lembut, halus, dan sensitif jika dibandingkan orang dewasa. Hal ini mengharuskan kita memilih bahan-bahan yang lembut untuk kulit dan mata si kecil.

    Dilansir dari laman Baby Center, Dr. Sheilagh Maguiness mengatakan, saat memilih sampo dan sabun untuk bayi, hindari produk yang mengandung bahan "keras" seperti Cocamidopropyl Betaine dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Bahan tersebut dapat mengiritasi kulit si kecil yang lebih sensitif.

    Minly rekomendasikan produk 2 in 1, Gently Ultra Soft Baby Body Wash & Shampoo untuk kulit sensitif si kecil. Produk ini mengandung Aloe Vera, Sunflower Seed Oil, dan terbebas dari SLS/SLES. Dengan formula yang lengkap, produk  ini dapat melembapkan, menghidrasi, dan menjaga skin barrier si kecil, lo! 

    Mama juga dapat menggunakan GENTLY Candlenut Shampoo. Shampo kemiri ini dilengkapi kandungan vitamin E dan Beetroot extract yang akan menyuburkan rambut dan melembapkan kulit kepala. Tenang saja, GENTLY Candlenut Shampoo sudah terhindar dari SLS, sehingga sangat aman untuk si kecil! 


    Demi kesehatan si kecil jangan salah pilih produk. Segera dapatkan produknya di sini, Mam!

     

     

    Sumber: 

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil

    https://www.babycenter.com/baby-products/bath-time/best-baby-shampoo-and-wash_40008102 

    https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/872/tips-memilih-perlengkapan-mandi-untuk-bayi

    https://www.webmd.com/baby/bath-bed-checklist 

    https://theorganizedmomlife.com/baby-bath-time-essentials/