0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Perkembangan Bayi 1 Bulan, Berat Badan Sempat Turun?

    March 29, 2024 3 min read

    Perkembangan bayi usia 1 bulan dapat kita lihat dari ketertarikannya pada lingkungan sekitar dengan mencoba menggerakkan tangan dan kakinya. Perubahan berat badan yang tidak terlalu signifikan juga menandakan adanya perkembangan. Untuk mengetahui normal tidaknya tumbuh kembang si kecil, simak informasi ini, yuk!


    Sebagai orang tua, siapa yang khawatir dengan perkembangan 1 bulan? Terkadang orang tua takut kalau berat badan bayi terlalu kecil atau tidak sesuai usianya. Tak perlu cemas berlebih, perkembangan bayi baru lahir memang masih berubah-ubah. Oleh karena itu, Mama perlu mempelajari soal tumbuh kembang bayi.

    Sebelumnya, Mama sudah tahu istilah pertumbuhan dan perkembangan belum? Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan fisik, organ, dan struktur tubuh. Sementara, perkembangan mengacu pada keterampilan atau skill si kecil. 

    Fase perkembangan bayi dimulai sejak baru lahir sampai usia 12 bulan. Si kecil membutuhkan nutrisi maupun stimulasi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Makanya, IDAI menyarankan orang tua untuk mengenali setiap fase pada 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK). 

    Supaya Mama tidak bingung lagi, simak penjelasan tentang perkembangan bayi 1 bulan, yuk!

     

    Baca Juga: Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan yang Harus Mama Ketahui!

     

    Perkembangan Bayi 1 Bulan

    Bayi usia 1 bulan atau new born belum banyak melakukan aktivitas. Umumnya, si kecil lebih banyak tidur, minum ASI, maupun buang air kecil dan besar. Si kecil juga lebih sering menangis karena lapar atau tanpa alasan yang jelas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perkembangan bayi 1 bulan:

    1. Berat Badan Bayi

    Bayi baru lahir mengalami penurunan berat badan sampai 10% selama lima hari pertama. Memasuki minggu kedua, berat badan si kecil akan terus bertambah sekitar 20 gram per hari dan mencapai 3,4 - 5,1 kg pada satu bulan pertama. Berat badan bayi laki-laki umumnya lebih berat 400 gram daripada bayi perempuan. 

    2. Perkembangan Emosional

    Tumbuh kembang bayi 1 bulan juga ditandai dengan perkembangan emosionalnya.  Ketika merasa lapar atau rasa tidak nyaman, si kecil akan menangis kencang, lantaran belum bisa menyampaikan apa yang dia inginkan. Namun tenang saja, sebagian bayi dapat menenangkan dirinya dengan menghisap jari atau jempolnya. 

    3. Pendengaran Mulai Matang

    Kalau sebagian orang tua mengira bayi 1 bulan belum bisa mendengar, ini kurang tepat, Mam! Dilansir dari laman Babycenter, perkembangan bayi 1 bulan ditandai dengan pendengaran yang sudah berkembang sepenuhnya. 

    Pada umumnya, si kecil sudah dapat mengenali suara Mama bahkan merespon suara yang dia dengar. Ketika ada suara yang terlalu keras, tak jarang si kecil merespon dengan hentakan kaki atau tangisan. 

    4. Mengangkat Kepala

    Pada akhir 1 bulan pertamanya, sebagian bayi sudah dapat mengangkat kepala, lo! Khususnya saat si kecil dibaringkan, dia akan menoleh ke salah satu sisi. Hal tersebut didukung oleh kemampuan otot leher yang semakin kuat menopang kepala. 

     

    Pemeriksaan Kesehatan

    Mintly yakin, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh normal dan terlindungi dari penyakit berbahaya. Mengingat saat ini banyak virus dan penyakit yang mengancam bayi baru lahir sampai anak-anak. Itulah mengapa, Mama perlu melakukan beberapa pemeriksaan ini:

    • Memberikan vaksin hepatitis B untuk mencegah gangguan hati.
    • Imunisasi polio. 
    • Periksa berat dan tinggi badan bayi.

    Merawat Bayi 1 Bulan 

    Mendukung tumbuh kembang bayi 1 bulan tak cukup dengan melakukan pemeriksaaan rutin. Supaya tumbuh kembang si kecil lebih optimal, Mama dapat memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Berikut ini perawatan yang bisa Mama lakukan:

    • Memantau berat badan dan tinggi bayi.
    • Menyusui si kecil dengan benar.
    • Memahami waktu tidur bayi.
    • Menyediakan pakaian yang nyaman.
    • Memberikan produk perawatan khusus bayi.

    Gently untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

    Untuk mendukung perkembangan bayi usia 1 bulan dibutuhkan perawatan yang tepat, Mam! Termasuk memilih produk perawatan yang aman dan nyaman untuk kulit sensitif si kecil. 


    Mintly rekomendasikan produk dari Gently yang dapat mengatasi ruam, iritasi, dan kering. Penggunaan Gently secara rutin dapat membuat si kecil semakin terlindungi, tidak gampang rewel, dan tumbuh sehat.


    Kabar baiknya, Gently sudah teruji secara klinis, baik non hypoallergenic, non toxic, halal, hingga BPOM. Makanya, demi kebahagian si kecilketahui dan dapatkan produk Gently di sini! 



    Sumber:

    https://www.webmd.com/parenting/baby/babys-1-month-checkup-what-to-expect

    https://parents.com/1-month-old-baby-milestones-and-development-8574814

    https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-1-month-old#:~:text=At%201%20month%2C%20most%20of,to%20follow%20a%20moving%20object.

    https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/1-month-old-baby-milestones-and-development_1077