0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Ini Perkembangan Bayi 2 Bulan dan Cara Stimulasinya!

    March 29, 2024 3 min read

    Siapa yang tak sabar menantikan perkembangan bayi 2 bulan? Pada usia ini perkembangan bayi semakin berkembang, hal ini terlihat dari kemampuan penglihatan dan pendengaran yang lebih baik. Penting bagi Mama mengetahui tahap perkembangan new born untuk memberi stimulasi yang tepat.


    Perkembangan bayi 2 bulan memang tidak bisa disamaratakan, Mam! Lantaran, setiap orang tua memiliki pola asuh yang berbeda, termasuk memberikan nutrisi dan perawatan pada bayi. Makanya, orang tua perlu mengetahui milestone atau tumbuh kembang sejak bayi baru lahir.

    Kebutuhan bayi usia 2 bulan tak jauh berbeda dengan bayi 1 bulan. Umumnya, si kecil membutuhkan ASI 7-9 kali. Begitu juga dengan kebutuhan tidur si kecil yang mencapai 14-16 jam sehari. Hal tersebut bukan tanpa alasan, menurut The Universe of British Columbia, sistem sirkadian bayi usia 2 bulan belum normal. Makanya, Mama tidak perlu heran kalau si kecil sering bangun pada malam hari dan rewel. 

    Untuk mendukung perkembangan bayi 2 bulan, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

     

    Baca juga: Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan yang Harus Mama Ketahui!

     

    Perkembangan Bayi 2 Bulan

    Menginjak usia 2 bulan, perubahan fisik si kecil semakin terlihat. Tak jarang, si kecil terlihat lebih berisi dan semakin lincah. Nah, berikut ini beberapa tahap perkembangan bayi 2 bulan:

    1. Kenaikan Tinggi dan Berat Badan

    Salah satu tahap perkembangan bayi 2 bulan adalah penambahan berat dan tinggi badan. 

    Dilansir dari laman Pregnancy Birth Baby, berat badan bayi usia 2 bulan bertambah sekitar 900 gr. Sementara, tinggi si kecil bertambah 2,5-3,8 cm dari bulan sebelumnya. Untuk mengetahui tumbuh kembang bayi 1 bulan, Mama dapat menyimak artikel ​​Perkembangan Bayi 1 Bulan, Berat Badan Sempat Turun”.

    2. Kemampuan Motorik Meningkat

    Perkembangan bayi usia 2 bulan ditandai dengan kemampuan motorik yang lebih baik. Jangan heran kalau si kecil sudah dapat membuka tangan, mengambil benda di sekitarnya, atau mengangkat kepala hingga 45 derajat ketika tummy time (tengkurap). Kemampuan tersebut dimiliki si kecil karena koordinasi tubuhnya jauh lebih baik. 

    3. Pendengaran dan Penglihatan Lebih Baik

    Memasuki usia 2 bulan, indra penglihatan dan pendengaran bayi baru lahir semakin berkembang. Pada umumnya, si kecil dapat mengenali seseorang dari kejauhan dan mulai tertarik dengan benda-benda cerah atau berbunyi, hal ini karena kemampuan koordinasi yang lebih baik.

    4. Perkembangan Sosial

    Tahap perkembangan bayi 2 bulan berikutnya ditandai dengan kemampuan sosial. Dilansir dari laman Parents, direktur medis pediatri (Melitza J Cobham-Browne , MD) mengatakan, bayi usia 2 bulan lebih interaktif dan akan tersenyum kalau mendengar suara orang tuanya. Makanya, Mama dapat memberikan stimulasi yang tepat, ya! 

    5. Perkembangan Bahasa 

    Siapa bilang bayi usia 2 bulan belum bisa bicara? Justru, perkembangan bayi usia 2 bulan ditandai dengan kemampuan bahasa yang lebih baik. Pada umumnya, si kecil sudah dapat mengeluarkan suara  "a" atau "o". 

     

    Pemeriksaan Bayi 2 Bulan

    Bayi 2 bulan membutuhkan pemeriksaan dokter untuk mengetahui tinggi, berat badan, lingkar kepala, kebiasaan makan, hingga durasi menangis si kecil. Nantinya, dokter akan menjelaskan, apakah tumbuh kembang si kecil tergolong normal atau kurang. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan tepat sesuai keadaan si kecil 

    Tidak hanya itu saja, bayi usia 2 bulan juga membutuhkan imunisasi untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya di kemudian hari. Dilansir dari laman WebMD, berikut ini jenis imunisasi yang bisa kita berikan:

    • DTaP (difteri, tetanus , pertusis aselular )
    • Hib (Haemophilus influenzae tipe b)
    • IPV ( vaksin polio )
    • PCV (vaksin konjugasi pneumokokus)
    • HBV (hepatitis B)
    • RV (rotavirus)

    Tips Merawat Bayi 2 Bulan

    Setelah mengetahui perkembangan bayi 2 bulan, Mama  sudah tahu perawatan untuk si kecil, belum? Tenang saja, berikut ini Mintly bagikan beberapa perawatan untuk mendukung tumbuh kembang bayi:

    1. Memberi Stimulasi Motorik 

    Mengingat otot-otot si kecil yang semakin terbentuk, Mama dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Mintly sarankan, Mama mengajarkan tummy time di atas matras tipis atau kasur. Cara tersebut dapat melatih kekuatan otot si kecil. Namun pastikan si kecil jangan sampai terguling atau jatuh, ya!

    2. Mengajak Komunikasi

    Perkembangan bayi usia 2 bulan ditandai kemampuan pendengaran dan lebih baik. Untuk melatih kemampuan berbahasa sejak dini, Mama dapat mengajaknya berbicara, bermain, atau bernyanyi. Meski tidak banyak aktivitas yang dilakukan si kecil, dapat dipastikan dia akan merespon Mama lewat suara atau gerakan kaki dan tangan.

    3. Memberikan Sentuhan

    Percaya atau tidak, si kecil sangat senang dan merasa dicintai kalau diberikan sentuhan, lo! Untuk memberikan stimulasi sentuhan, Mama dapat menggendong, memeluk, mengayun, atau memberikan pijatan lembut saat mandi, ya!

    Gently untuk Perawatan Bayi 2 Bulan

    Mendukung perkembangan bayi 2 bulan tak cukup dengan stimulasi saja. Si kecil juga membutuhkan produk perawatan yang lembut dan aman untuk kulitnya yang masih sensitif dan mudah ruam. Mintly kenalkan, salah produk perawatan yang aman untuk newborn hingga bayi usia 12 bulan adalah Gently. 


    Menggunakan formulasi yang didominasi oleh bahan alami, Gently dapat melindungi kulit si kecil dari ruam, iritasi, dan kering. Dengan begitu, si kecil semakin nyaman dan tidak gampang rewel lagi. Mama pasti mau kan?  Info produk selengkapnya, silahkan klik di sini!

     

     

    Sumber: 

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-2-months-old#:~:text=By%202%20months%2C%20your%20baby,moving%20object%20past%20the%20midline.

    https://www.parents.com/two-month-old-milestones-feeding-development-and-more-8550252

    https://www.webmd.com/parenting/baby/babys-2-month-checkup-what-to-expect

    https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-2-months#movement