0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • 8 Barang Wajib Perlengkapan Bayi Baru Lahir

    February 23, 2024 4 min read

    perlengkapan bayi baru lahir

    Menyambut kelahiran si kecil, ada beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu kita persiapkan. Mulai dari popok, perlengkapan mandi, hingga skincare bayi. Supaya tidak kebingungan saat berbelanja, simak rekomendasi barangnya, yuk!

    Mintly ucapkan selamat kepada Mama yang akan segera melahirkan buah hati tercinta. Mau bayi laki-laki atau perempuan, semoga lahir dengan sehat, ya, Mam! 

    Mintly tahu, menunggu kelahiran adalah momen paling mendebarkan bagi para Mama bukan? Tak hanya menyiapkan kesehatan dan mental, Mama harus mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang terkadang terasa awam. 

    Bukan sekadar barang yang lucu-lucu saat memilih perlengkapan untuk bayi. Pada intinya, Mama perlu mencari barang yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kesehatan bayi. Hal ini karena bayi baru lahir memiliki kulit sensitif dan mudah alergi terhadap benda-benda di sekitarnya. 

     

    Daftar Perlengkapan Bayi 

    Mama tidak perlu membeli perlengkapan bayi terlalu berlebihan. Berikut ini rekomendasi barang pokok yang bisa Mama catat.

     

    1. Popok Bayi

    Perlengkapan wajib bayi baru lahir adalah popok. Pada umumnya kita dapat memilih popok sekali pakai atau popok kain yang bisa dicuci lagi. Namun pastikan, popok dapat menjaga kestabilan pH dan kekeringan kulit bayi.

    Dilansir dari laman IDAI, untuk popok sekali pakai sebaiknya mengandung zinc oxide, aloe vera, dan petroleum agar kulit bayi tetap kering. Akan lebih baik lagi jika lapisan inti popok sekali pakai mengandung selulosa dan absorbent gelling material (AGM) untuk memisahkan cairan urin dan feses lebih cepat.

    Jika Mama ingin membeli popok kain, IDAI menyarankan untuk membeli bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Bahan tersebut dapat menjaga ventilasi kulit agar terhindar dari ruam.

     

    2. Perlengkapan Mandi

    Mama tidak boleh lupa menyiapkan perlengkapan mandi bayi baru lahir. Tak perlu banyak-banyak, setidaknya Mama memiliki bak mandi, sabun, sampo, dan handuk. Untuk sabun dan sampo, pastikan Mama menghindari produk berbahan SLS/SLES, ya! Kandungan tersebut membuat kulit si kecil mudah iritasi. Perlengkapan mandi yang lain dapat Mama temukan pada artikel “Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Wajib Mama Siapkan” ini. 

    3. Baju dan Celana Bayi

    Perlengkapan bayi baru lahir yang tak kalah penting adalah baju dan celana. Untuk mencegah ruam dan biang keringat, pastikan Mama memilih bahan yang halus dan nyaman. Mama juga dapat memilih baju berkancing depan agar mudah dilepas atau dipasangkan.

    Lalu, berapa banyak baju dan celana yang harus kita beli? Setidaknya Mama menyiapkan 8 kaos dalam, 6-10 jumpsuit, 5 celana, dan 2 jaket. Seiring tumbuh kembang si kecil, Mama dapat menyiapkan pakaian yang sesuai dengan ukurannya.

    4. Tempat Tidur Bayi

    Perlengkapan bayi baru lahir yang tak kalah penting adalah tempat tidur bayi. Dilansir dari laman NHS, Mama dapat memilih box bayi yang kokoh, rata, tahan air, dan tidak menyisakan tepi kosong yang memungkinkan bayi terjepit. Pilih juga tempat tidur yang sudah memenuhi standar nasional atau internasional.

    Setelah memiliki box bayi, Mama dapat melengkapi dengan bantal, seprai, dan selimut yang berbahan lembut. Dengan begitu, si kecil dapat tidur dengan nyaman, aman, dan berkualitas, deh!

     

    5. Gendongan Bayi

    Bukan hanya sebagai perlengkapan bayi baru lahir biasa yang membantu Mama menggendong si kecil lebih mudah,  perlengkapan ini membantu proses skin to skin, sehingga dapat meningkatkan ikatan emosional Mama dengan bayi.

    Menariknya, dilansir dari laman Natural Child Project, sebagian dokter di Eropa merekomendasikan gendongan bayi daripada membiarkannya tidur telentang.

    Perlu Mama ketahui, ada beberapa model gendongan yang dapat kita pilih, lho! Mulai dari baby wrap, ring sling, selendang, atau stretchy wrap. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan Mama saja, ya!


    6. Pompa ASI

    Bagi Mama yang akan tetap beraktivitas di luar rumah, Mintly sarankan untuk mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ini. Mama dapat memerah ASI untuk mengisi stok susu di rumah. Memompa ASI juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan payudara sekaligus alternatif kalau si kecil tidak bisa minum susu langsung di payudara. 

    Pompa ASI terdiri menjadi 2, yakni manual dan elektrik. Perbedaannya, pompa ASI elektrik lebih cepat untuk mengambil ASI dan mudah kita gunakan. Jadi, sesuaikan dengan pilihan Mama saja, ya!


    7. Celemek Bayi

    Tak kalah bermanfaat, celemek juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang harus masuk daftar list Mama. Ketika si kecil gumoh atau berliur, cairan akan menyerap ke celemek. Hal ini membuat pakaian si kecil tetap kering dan tidak berbau. Mintly rekomendasikan Mama memilih kain katun yang dapat menyerap cairan, lembut, dan cocok untuk kulit sensitif bayi. 

     

    8. Skincare Bayi

    Perlengkapan bayi baru lahir yang tak kalah penting adalah skincare bayi. Untuk merawat kulit dan rambut si kecil, Mama membutuhkan produk berbahan lembut yang aman untuk si kecil. Salah satunya adalah Gently Ultra Soft Body Wash & Shampoo. Produk sabun dan sampo 2-in-1 ini mengandung Aloe Vera, Sunflower Seed Oil, dan terbebas dari SLS/SLES. Formula ini dapat melembapkan, menghidrasi, dan menjaga skin barrier bayi.

    Skincare berikutnya adalah  Baby Hydra Soft Nourishing Lotion yang mengandung 5x Ceramide untuk melindungi skin barrier si kecil. Pemakain rutin memberi kelembapan sepanjang hari untuk si kecil.

    Untuk mencegah ruam popok, Mintly sarankan Mama menggunakan produk Baby Skin Rash Cream. Formula Zinc Oxide, Camellia Sinensis Leaf, Lactobacillus Ferment, triple microbial fighter di dalamnya dapat mencegah sekaligus meredakan ruam popok bayi. 


    Demi kenyamanan dan kesehatan buah hati, dapatkan semua produknya di sini!


    Sumber:

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/popok-bayi-apa-yang-anda-perlu-ketahui

    https://www.todaysparent.com/checklists/newborn-checklist/

    https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/872/tips-memilih-perlengkapan-mandi-untuk-bayi

    https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/what-you-will-need-for-your-baby/