0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Perkembangan Bayi 3 Bulan, Semakin Aktif dan Bahagia?

    March 29, 2024 3 min read

    Perkembangan bayi 3 bulan semakin berkembang pesat kalau dibandingkan saat masih new born. Mama akan menemukan aktivitas si kecil yang semakin lincah hingga kemampuan si kecil merespon orang terdekatnya. Mama sudah tahu milestone pada tahap ini, belum? 


    Tak terasa bayi baru lahir Mama sudah menginjak usia 3 bulan. Sejauh ini, Mama sudah memiliki gambaran perkembangan bayi 3 bulan belum? Tidak perlu khawatir berlebih, si kecil umumnya akan mengalami perubahan yang cukup pesat, terutama dari segi fisik dan emosionalnya.

    Sebelum membahas perkembangan bayi 3 bulan, alangkah baiknya Mama mengetahui juga milestone atau tumbuh kembang bayi 2 bulan. Hal tersebut untuk mengamati perubahan bayi pada usia 3 bulan. Perkembangan selengkapnya terdapat dalam artikel "Ini Perkembangan Bayi 2 Bulan dan Cara Stimulasinya!"

    Perkembangan bayi 3 bulan dapat kita lihat secara fisik, lo! Umumnya badan si kecil semakin berisi dari sebelumnya. Ada juga kemampuan melihat, mendengar, mencium, dan menyentuh benda lebih baik. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan terkait perkembangan si kecil, yuk!

     

    Baca juga: Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan yang Harus Mama Ketahui!


    Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan

    Perkembangan bayi 3 bulan terlihat dari perkembangan fisik, kemampuan motorik, dan sosialnya. Dilansir dari laman Kids Health, berikut ini beberapa perkembangan si kecil.

    1. Berat dan Tinggi Badan Meningkat

    Salah satu tanda perkembangan bayi 3 bulan adalah kenaikan berat dan tinggi badan. Umumnya, berat badan si kecil akan bertambah sekitar 681-907 gr pada bulan ke-3. Sementara, tinggi badan si kecil akan bertambah 2,5-3,8 cm. 

    2. Peningkatan Motorik

    Perkembangan bayi usia 3 bulan ditandai dengan kemampuan motorik yang lebih baik. Pada usia ini, si kecil dapat mengambil mainan yang kita berikan, menghisap tangan, dan menjulur lidah saat ingin menyusu.  

    Kemampuan motorik bayi juga terlihat saat kegiatan tummy time (tengkurap). Si kecil dapat menopang tubuhnya dengan kedua tangan karena bagian tubuh atasnya semakin kuat. Semakin hebat kan, Mam?

    3. Perkembangan Sosial

    Meningkatnya kemampuan penglihatan, pendengaran, dan penciuman memudahkan si kecil mengenali orang tuanya. Tidak heran kalau si kecil dapat mengenali wajah Mama di tengah keramaian. Perkembangan sosial bayi 3 bulan juga ditandai respon senyum atau gerakan tangan tertentu. 

    Hal-hal yang Harus Diperhatikan

    Tumbuh kembang setiap bayi memang tidak bisa disamaratakan. Namun, Mama tetap harus waspada kalau si kecil tidak mengalami tanda-tanda tumbuh kembang bayi 3 bulan berikut ini:

    • Tidak bisa tersenyum
    • Tidak mau merespon orang lain
    • Tidak ada keinginan menanggapi benda di sekitarnya
    • Penglihatan tidak mampu mengikuti orang atau benda di sekitarnya.

    Apabila si kecil mengalami kondisi tersebut, Mama dapat konsultasi langsung ke dokter, ya! Pemeriksaan tersebut untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan atau memberi penanganan lebih dini.

     

    Imunisasi Bayi 3 Bulan

    Untuk mendukung daya tahan tubuh dan kesehatan si kecil di masa mendatang, IDAI menganjurkan Mama untuk memberikan imunisasi. Apalagi saat ini semakin banyak virus dan penyakit yang membahayakan si kecil. Nah, berikut jadwal imunisasi yang direkomendasikan untuk bayi 3 bulan.

    • Hepatitis B
    • Polio
    • DTP
    • Hib
    • PCV

    Tips Merawat Bayi 3 Bulan

    Seperti yang sudah Mintly jelaskan, bayi usia 3 bulan umumnya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dilansir dari laman WebMD, sejumlah ahli kesehatan menyarankan orang tua untuk mengatur tidur si kecil dengan sleep training. 

    Mama dapat menggunakan metode ferber yang dilakukan dengan menempatkan si kecil di tempat kasur walau dia belum mengantuk. Mama dapat keluar kamar agar si kecil berusaha tidur sendiri. Namun, pastikan Mama tetap menengok si kecil setelah 5 atau 10 menit kemudian.

    Tidak hanya itu saja, Mam! Untuk mendukung perkembangan bayi 3 bulan, pastikan Mama menjaga si kecil tidur dengan posisi telentang. Hal ini untuk mengurangi risiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). 

    Perawatan lain yang dapat Mama lakukan adalah memberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. Frekuensi ASI yang dapat memberikan sekitar 7-8 kali sehari, dengan jeda 2,5-3,5 jam, ya!

     

    Gently Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

    Perawatan bayi baru lahir hingga usia 3 bulan tak cukup dari dalam saja, Mam! Untuk menjaga kesehatan kulitnya, kita membutuhkan produk perawatan yang mengandung formula lembut.


    Mintly sarankan untuk menggunakan rangkaian produk dari Gently yang sudah teruji secara klinis dan terbebas dari hypoallergenic. Tak heran kalau produk Gently dapat digunakan oleh new born hingga anak-anak. Pemakaian produk secara rutin dapat menghindari sekaligus meredakan kulit si kecil dari gejala kemerahan, ruam, iritasi, hingga kering. Dapatkan informasi dan produk selengkapnya di sini!



    Sumber:

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-anak-idai 

    https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months 

    https://kidshealth.org/en/parents/growth-3mos.html#:~:text=How%20Much%20Will%20My%20Baby,baby%20is%20hungry%20or%20full.

    https://www.parents.com/baby/development/behavioral/baby-behavioral-development-3-months-old/

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-3-months-old