0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Perkembangan Bayi 4 Bulan, sudahkah Tumbuh Normal?

    March 29, 2024 3 min read

    Ibu mana yang tidak khawatir dengan tumbuh kembang si kecil? Setiap ibu pasti ingin melihat buah hatinya tumbuh sehat dan kuat. Begitu juga pada bayi 4 bulan yang terlihat semakin aktif dan pandai berkomunikasi. Untuk mengetahui normal tidaknya si kecil, simak penjelasannya di sini!


    Selamat atas 4 bulan pertama kelahiran si kecil! Mintly yakin, buah hati Mama semakin lucu dan menggemaskan, bukan? Apalagi dia sudah banyak beraktivitas dan senang berceloteh dengan orang terdekatnya. Makanya, kita perlu mengetahui tahap perkembangan bayi 4 bulan untuk mendukung masa golden age-nya.

    Perlu Mama ketahui, perkembangan selalu dikaitkan keterampilan baru diperoleh bayi. Sementara, pertumbuhan berkaitan dengan penambahan berat badan, tinggi, maupun sel-sel di dalam tubuh bayi. Mengingat pentingnya masa golden age si kecil, kedua hal tersebut tidak dapat kita pisahkan.

    Sebagai tambahan informasi, kita perlu mengetahui tahap perkembangan untuk memberikan rangsangan maupun perawatan tepat bagi newborn hingga bayi usia 12 bulan. Hal ini seperti yang sudah Mintly jelaskan pada artikel "Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan yang Harus Mama Ketahui!


    Lalu, apa saja tahap perkembangan bayi 4 bulan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

     

    Perkembangan Bayi 4 Bulan

    Menginjak usia 4 bulan, umumnya berat badan bayi sudah meningkat 2 kali lipat sejak baru lahir. Berat badan bayi 4 bulan berada di kisaran 5,6 - 8,6 kg, sedangkan tinggi badan bayi sekitar 58 - 66,2 cm. Tidak hanya itu, perkembangan bayi 4 bulan juga ditandai dengan beberapa hal ini:

    1. Keterampilan Berbicara

    Keterampilan bayi usia 4 bulan terlihat dari kemampuan mengucapkan kata-kata sederhana. Dilansir dari laman Pregnancy Birth Baby, si kecil biasanya dapat mengucapkan kata "ma-ma" atau "da-da". Kemungkinan, kata tersebut dimaksudkan untuk meniru atau berkomunikasi dengan orang tuanya. 

    2. Perkembangan Emosional

    Mama pernah menjumpai si kecil berbicara dengan cermin? Terkadang dia akan tersenyum atau tertawa kecil saat melihat bayangannya sendiri di cermin. Disadari atau tidak, hal tersebut menunjukkan perkembangan emosional bayi 4 bulan, lo! Begitu juga ketika si kecil merasa lapar atau kelelahan, dia akan menunjukkan emosi marah atau menangis. 

    3. Kemampuan Motorik

    Seiring pertambahan usia, perkembangan bayi 4 bulan juga ikut bertambah. Pada umumnya, si kecil sudah dapat menegakkan kepala sampai dada saat dalam posisi tengkurap. Bayi 4 bulan juga dapat menggerakan mainan atau bahkan mengguncang-guncangkannya, lo! Hal tersebut karena koordinasi tubuh si kecil semakin berkembang. 

    Sebagian besar bayi 4 bulan memiliki aktivitas memasukkan tangan atau benda lainnya ke dalam mulut. Kalau si kecil mengalami hal demikian, ini termasuk normal. Pada usia 4 bulan si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda siap mengonsumsi makanan yang lebih padat. 

    4. Jam Tidur Mulai Teratur

    Kabar bak untuk Mama! Bayi usia 4 bulan saat ini sudah dapat tidur sepanjang malam dan tidak gampang rewel lagi. Dilansir dari laman Babycenter, bayi 4 bulan akan tidur malam lebih panjang atau sekitar 6-8 jam per malam. Pada siang hari si kecil akan tidur sebanyak 4 kali dengan durasi rata-rata 4 jam. 

     

    Pemeriksaan Bayi 

    Mama sudah tahu pemeriksaan untuk bayi baru lahir sampai 4 bulan? Pada umumnya, Mama bisa pergi ke bidan atau dokter untuk mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, hingga kemampuan si kecil merespon orang lain.

    Dilansir dari laman Parents, Mama juga perlu mendatangi dokter atau penyedia kesehatan kalau si kecil mengalami beberapa gangguan ini:

    • Tidak mau tersenyum
    • Mata juling
    • Tidak bisa mengangkat kepala sendiri
    • Tidak mencermati orang atau benda di sekelilingnya
    • Pertambahan berat badan kurang dari 50%.

    Apabila tumbuh kembang si kecil dinyatakan normal, Mama dapat melanjutkan imunisasi sesuai jadwal yang diberikan IDAI. Berikut ini jadwal imunisasi bayi:

    • Hepatitis B
    • Polio
    • DTP
    • PCB
    • Rotavirus
    • PCV

    Demi kesehatan dan daya tahan bayi, jangan sampai melewatkan pemeriksaan bayi 4 bulan, ya, Mam!

     

    Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

    Mungkin Mama bertanya-tanya bagaimana mendukung tumbuh kembang bayi 4 bulan kan? Mengingat keterampilan bicara si kecil yang semakin terlihat, Mama dapat mengajaknya berkomunikasi, lo!

    Pada waktu senggang Mama, ajak si kecil mengobrol, membaca buku, atau menyanyikan lagu dengan intonasi suara yang unik. Cara ini dapat menghibur si kecil sekaligus meningkatkan daya ingatnya.

    Tak cukup memberikan rangsangan pada bayi 4 bulan. Mama dapat melindungi kulit si kecil dengan produk perawatan yang mengandung formula lembut.  Salah satunya adalah produk dari Gently  yang sudah teruji secara klinis dan terbebas dari hypoallergenic maupun zat berbahaya.


    Penggunaan Gently secara rutin dapat menghindari sekaligus meredakan kulit si kecil dari gejala kemerahan, ruam, iritasi, hingga kering. Dapatkan informasi dan produk selengkapnya di sini!



    Sumber

    https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-4-month-old

    https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/4-month-old-baby-milestones-and-development_719

    https://www.parents.com/4-month-old-baby-milestones-and-development-8553009

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-4-months-old

    https://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-anak-idai