0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil Mulai Duduk Sendiri?

    April 08, 2024 3 min read

    Siapa yang penasaran dengan perkembangan bayi 5 bulan? Tenang saja, pada usia ini si kecil mengalami perkembangan motorik, fisik, sosial, hingga emosionalnya. Tak heran kalau si kecil semakin aktif dan menggemaskan. Intip tumbuh kembang selengkapnya di sini, yuk!


    Usia 5 bulan adalah waktu yang tepat bagi si kecil belajar berguling. Terkadang si kecil akan berguling dari posisi terlentang atau tengkurap. Namun, tidak perlu khawatir kalau si kecil belum mengalami fase tersebut. Pasalnya, masih ada tanda perkembangan bayi 5 bulan lain yang bisa Mama ketahui. 

    Pertanyaannya, apa yang mendukung tumbuh kembang bayi? Dilansir dari laman Kids Health, pertumbuhan bayi 5 bulan dipengaruhi oleh faktor keturunan, jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi, hormon pertumbuhan, dan kondisi medis tertentu. Jadi, ada banyak faktor pendukungnya, Mam!

    Untuk mendukung tumbuh kembang si kecil, simak capaian bayi 5 bulan di bawah ini, Mam! 

     

    Baca juga: Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan yang Harus Mama Ketahui!

     

    Perkembangan Bayi 5 Bulan 

    Usia 5 bulan adalah masa transisi bagi si kecil. Pada umumnya, dia terlihat semakin aktif dan ingin menjelajah dunianya. Makanya, simak milestone atau perkembangan bayi 5 bulan ini.

    1. Berat Badan 

    Perkembangan bayi 5 bulan yang paling terlihat adalah pertambahan berat badan. Umumnya, berat si kecil naik 550 gram dan tinggi naik 2 cm. Meski begitu, pertumbuhan setiap bayi berbeda, ada bayi yang sedikit lebih berat atau lebih ringan dari ukuran seharusnya. Intinya, Mama tidak perlu cemas berlebih, ya!

    2. Perkembangan Fisik

    Seperti yang sudah Mintly singgung sebelumnya, perkembangan bayi 5 bulan ditandai dengan kebiasaan berguling. Kemampuan ini membantu si kecil mempelajari berbagai bagian tubuhnya saat bergerak sekaligus menguatkan otot punggung. 

    Apabila otot si kecil semakin kuat, dia akan belajar duduk tanpa penyangga. Meski begitu, Mama dapat memberikan bantal di belakang punggung si kecil, ya!

    3. Waktu Tidur Bayi

    Berbeda dengan durasi tidur yang dibutuhkan new born, bayi usia 5 bulan waktu tidurnya lebih sedikit. Dilansir dari laman BabyCenter, para ahli mengatakan kebutuhan tidur bayi 5 bulan adalah 12-15 jam, sudah termasuk tidur malam dan siang. 

    Supaya kebutuhan tidur si kecil tercukupi, Mama dapat mengatur sebaik mungkin. Contohnya, melatih si kecil tidur siang dengan durasi 30-120 menit setiap 3-4 kali. Lalu, mengajarkan si kecil tidur malam selama 10 jam. 

    4. Mulai Tertarik Makanan Padat

    Perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Mama sadari adalah ketertarikan si kecil terhadap makanan padat. Meski si kecil masih menjalani ASI eksklusif atau susu formula, tidak menutup kemungkinan dia mencoba memasukkan segala benda ke dalam mulutnya, lo! 

    Tanda-tanda lain yang menunjukkan si kecil sudah siap makan dapat Mama simak dalam artikel "Jenis Makanan yang Cocok untuk MPASI Pertama Si Kecil"

    5. Kemampuan Sosial

    Siapa sangka, bayi usia 5 bulan sudah dapat menyampaikan apa mereka inginkan? Dilansir dari laman Pregnancy Birth Baby, si kecil akan mengangkat tangan ke atas kepala jika ingin digendong. Selain itu, si kecil akan menangis kalau tidak ingin ditinggal sendirian. 

    6. Kemampuan Emosional

    Siapa sangka bayi usia 5 bulan semakin lucu dan menggemaskan? Pada umumnya, si kecil dapat menunjukkan berbagai mimik wajah, mulai dari tertawa, tersenyum, hingga terlihat menggemaskan. Untuk melatih kemampuan emosionalnya, pastikan Mama memberi stimulasi permainan yang tepat, ya!

     

    Pemeriksaan Bayi 5 Bulan

    Untuk mendukung kesehatan bayi tak cukup mengetahui tahap-tahap perkembangannya saja, ya! Mama perlu melakukan pemeriksaan untuk memastikan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala si kecil sesuai usianya.

    Dilansir dari laman Mayoclinic, Mama perlu konsultasi langsung ke dokter apabila si kecil mengalami beberapa masalah, diantaranya sebagai berikut:

    • Tidak bereaksi apa pun terhadap suara.
    • Tidak mau mengoceh.
    • Tidak nyaman berada di dekat orang lain.
    • Tidak tertarik membawa benda ke mulut.
    • Otot sangat kaku dan tegang.
    • Sering terlihat gelisah dan tidak bahagia.

    Demi kesehatan buah hati, jangan takut melakukan pemeriksaan, Mam! Apabila ditemukan masalah serius, dokter akan menangani dengan tepat.

     

    Perawatan Bayi 5 Bulan

    Setelah mengetahui perkembangan bayi 5 bulan, Mama sudah tahu perawatan untuk si kecil belum? Mintly sarankan, Mama Mama memberikan ASI eksklusif untuk asupan nutrisinya. Berikan juga stimulasi yang tepat untuk melatih keaktifan dan kecerian bayi.

    Tak kalah penting, Mama dapat memberikan produk perawatan untuk mendukung kesehatan kulit si kecil. Salah satunya menggunakan rangkaian produk Gently yang mengandung formula lembut dan didominasi oleh bahan organik. 

    Pemakaian Gently secara rutin dapat melindungi kulit si kecil dari iritasi, ruam, dan kering. Makanya, si kecil tidak gampang rewel dan semakin nyaman beraktivitas. Demi kebahagian si kecilketahui dan dapatkan produk Gently di sini! 



    Sumber: 

    https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/5-month-old-baby-milestones-and-development_720

    https://kidshealth.org/en/parents/med47m.html

    https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old

    https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20048178