0

Your Cart is Empty

  • Add description, images, menus and links to your mega menu

  • A column with no settings can be used as a spacer

  • Link to your collections, sales and even external links

  • Add up to five columns

  • Ini Penyebab Hingga Cara Ampuh Mengatasi Stretch Marks

    April 22, 2024 4 min read

    Stretch marks adalah peregangan kulit yang menyebabkan garis-garis di area kaki, paha, sampai perut. Alih-alih menggunakan pakaian serba tertutup, ternyata ada cara untuk merawat kulit lebih sempurna. Simak penyebab hingga cara menghilangkan stretch marks di sini, Mam! 


    Garis-garis halus di area tertentu membuat panik, Mam? Munculnya guratan halus atau stretch marks seringkali mengganggu kepercayaan diri perempuan. Apalagi bagi Mama yang ingin menggunakan jenis pakaian tertentu. Makanya, kita perlu menangani lebih dini sebelum stretch marks bertambah parah.

    Stretch mark atau yang secara medis dikenal dengan striae adalah bentuk guratan halus yang terjadi setelah kulit meregang terlalu cepat. Umumnya, stretch marks ditandai dengan garis halus yang membentang di area perut, payudara, lengan atas, pantat, pinggul, hingga punggung. Garis-garis ini berwarna merah muda, cokelat, ungu, atau putih. 

    Bagi yang belum tahu, stretch marks bisa dialami oleh laki-laki hingga perempuan, namun kebanyakan stretch marks dialami oleh ibu hamil pada trimester akhir. Seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, lebih dari 50-90% wanita hamil atau melahirkan mengalami stretch marks. Kondisi tersebut karena pertambahan badan saat hamil. 

    Lantas, apakah stretch marks berbahaya? Meski mengganggu kepercayaan diri Mama, stretch marks termasuk hal normal yang dapat dicegah sekaligus diatasi. Simak penjelasan selengkapnya di sini, yuk!

     

    Penyebab Stretch Marks

    Munculnya stretch marks terkadang tidak langsung kita sadari, lantaran garis-garis halus ini muncul seiring perubahan berat badan. Dilansir dari laman NHS, ada beberapa faktor yang menyebabkan garis-garis halus. 

    • Kehamilan
    • Masa pubertas
    • Kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat
    • Menggunakan krim jenis steroid yang tidak tepat

    Cara Mencegah Stretch Marks

    Mungkin Mama bertanya-tanya, apakah stretch marks pada wanita, khususnya ibu hamil dapat dicegah? Jawabannya tentu bisa, Mam! Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah garis-garis halus di kulit.

    1. Menjaga Berat Badan

    Salah satu hal yang harus kita lakukan untuk mencegah stretch marks adalah menjaga kenaikan berat badan. Mama dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk menghindari lonjakan berat badan saat hamil, seperti kacang-kacangan, ikan, buah-buahan, dan makanan tinggi protein. 

    2. Memenuhi Kebutuhan Cairan

    Tak kalah penting, Mama dapat mencukupi kebutuhan cairan untuk mencegah stretch marks. Menurut Medical News Today, setidaknya Mama mengonsumsi 6-8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap harinya. Asupan cairan dapat menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Mama, sehingga lebih berisiko kecil mengalami stretch marks. 

    3. Hindari Diet Yoyo

    Mengingat stretch marks disebabkan oleh perubahan berat badan, Mama tidak disarankan mengikuti diet yoyo. Diet ini memungkinakan berat badan turun drastis, namun tidak menutup kemungkinan berat badan kita akan naik setelah bergonta-ganti jenis pola makan. 

    Alih-alih diet ketat, Mintly disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti vitamin C, vitamin D, protein, zat besi. Imbangi juga dengan olahraga rutin untuk meningkatkan produksi kolagen kulit kita.

    4. Mengonsumsi Vitamin D

    Jarang disadari banyak orang, mengonsumsi vitamin D juga dapat menghindari Mama dari masalah stretch marks. Dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian menemukan jika orang yang kebutuhan vitamin D-nya tercukupi berisiko lebih rendah terkena garis-garis halus. Nutrisi ini dapat Mama dapatkan dari sinar matahari pagi, roti, sereal, susu, yoghurt atau suplemen. 


    Sebagai tambahan pengetahuan Mama seputar perawatan kehamilan yang lain, Mama dapat menyimak pada artikel Hal-hal yang Perlu Mama Ketahui Tentang Kehamilan.

    5. Menggunakan Produk Perawatan Stretch Marks

    Bagi Mama yang sedang memasuki masa kehamilan, sudah pernah menggunakan produk perawatan stretch marks? Pada umumnya, produk serum atau krim khusus stretch marks dapat menjaga elastisitas kulit Mama selama kehamilan. Dengan begitu, Mama dapat meminimalisir garis-garis halus meski berat badan semakin bertambah. 

     

    Tips Menghilangkan Stretch Marks

    Bagi Mama yang terlanjur mengalami stretch marks, tidak perlu khawatir berlebih. Mama dapat melakukan rangkaian perawatan rumahan yang tepat, misalnya rutin menggunakan krim maupun serum khusus stretch marks. 

    Menggunakan krim dengan formula lembut dapat menghaluskan dan mengunci kelembapan kulit. Akan lebih maksimal lagi jika Mama menggunakan serum khusus stretch marks. Serum dengan kandungan kolagen dapat menjaga elastisitas kulit Mama, sehingga dapat menyamarkan stretch marks lebih cepat.

     

    Tak perlu mencoba-coba berbagai produk, cukup percayakan perawatan stretch marks Mama dengan GENTLY Mamacare. Untuk menyamarkan peregangan kulit, Mama dapat menggunakan GENTLY Intensive Stretch Marks Cream. Produk ini telah dilengkapi 8X Hyaluronan, Amino Acid, dan Vegan Collagen, sehingga dapat mengunci kelembapan kulit dan menjaga skin barrier Mama.

    GENTLY Intensive Stretch Marks Cream juga mengandung Magnolia Sieboldii Extract sebagai sumber antioksidan untuk mencerahkan kulit secara alami. Ada juga 5x Natural Soothing Agents yang dapat menyamarkan stretch marks hanya dalam 28 hari, lo! 

    Selain cream, GENTLY Advanced Stretch Marks Oil Serum dibuat khusus untuk merawat dan menyamarkan garis-garis halus yang disebabkan peregangan kulit. Serum ini mengandung bahan aktif Arnica Oil + 5x Ceramide, Magnolia Extract +  3% Niacinamide,  dan Snow Crocus Extract + Vegan Collagen. Kandungan ini teruji secara klinis untuk menjaga skin barrier, mencerahkan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi stretch marks hanya dalam 28 hari. 


    GENTLY Mamacare hadir untuk menjawab kebutuhan Mama selama hamil sampai melahirkan si kecil. Mengingat, kepercayaan diri membuat Mama lebih bahagia. Demi kebaikan Mama, dapatkan produk GENTLY Intensive Stretch Marks Cream Cream dan GENTLY Advanced Stretch Marks Oil Serum di sini, yuk! 



    Sumber:

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/283651 

    https://www-nhs-uk./conditions/stretch-marks/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

    https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10785-stretch-marks

    https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-stretch-marks#acting-fast